Fakta Mengejutkan Internet Ini Akan Buat Kamu Melongo
Sumber gambar: GEEK.ID

5 Fakta Mengejutkan Internet Ini Akan Buat Kamu Melongo

Saking pentingnya internet, sepertinya saat ini kamu tidak bisa hidup tanpa sebuah akses internet, karena memang internet sudah membuat dampak yang sangat besar bagi kehidupan dan kebiasaan seseorang, tapi tahukah kamu ternyata ada beberapa fakta mengejutkan mengenai internet yang mungkin kamu lewatkan, berikut ini teknohits sudah merangkumnya khusus untuk kamu. Cekidot….

1. Sibuknya Youtube

Apa kamu termasuk salah satu pengguna YouTube yang juga aktif meng-upload konten video di YouTube jika iya kamu akan terkejut bila kamu telah mengetahui fakta jika pihak YouTube wajib menyunting ribuan video yang masuk dalam sehari. Bila seluruh video yang masuk ditotalkan panjang durasinya, maka butuh waktu hingga 100 tahun untuk menyelesaikannya!

Walaupun hal tersebut tak semuanya dilakukan secara manual, tapi tetap saja tim YouTube harus bekerja ekstra keras. Belum lagi sejak ketentuan Hak Atas Kekayaan Intelektual untuk konten digital semakin diperketat, tim YouTube semakin ketat juga dalam melakukan penyortiran konten yang masuk ke mereka.

2. Aktifnya Facebook

Selain YouTube, sosial media seperti Facebook pun sukses meligir fakta mengejutkan selama ada internet. Kamu bayangin saja, dengan puluhan juta pengunjung Facebook per harinya, mereka tak lepas memposting status, foto, atau bahkan video. Mungkin kamu salah satunya. Fakta terakhir menyebutkan jika ada lebih dari 250 juta foto per hari yang masuk ke Facebook! Bila semua foto itu dicetak di kertas foto lalu ditumpuk, maka tumpukannya itu hampir setara dengan tinggi 80 menara Eiffel!

3. Luasnya Twitter

Dengan jumlah pengguna yang  lebih dari 105.779.710 pengguna Twitter yang teregistrasi, Twitter dapat saja mendaftarkan diri sebagai negara. Tapi tahukah kamu, jumlah tersebut akan menduduki posisi ke-12 sebagai negara yang memiliki populasi terbanyak di dunia! Uniknya 55% di antaranya yaitu bergender cewek. Tak cuma sampai di situ saja, menurut data terakhir, dalam satu detik bisa ada 750 kicauan Twitter. Bisa dibayangkan dalam sehari bisa ada berapa kicauan Twitter yang terkirim kan? Hampir mencapai 65 juta tweet sehari!

4. Banyak Email Terkirim

Sejak terdapat email, jasa petugas pos jadi tidak lagi terpakai. Akan tetapi di balik hilangnya profesi tukang pos tersebut, keberadaan email justru memudahkan mereka. Pasalnya di tengah email yang mulai menjadi bagian komunikasi digital paling penting saat ini, dalam satu hari sebanyak 294 miliar email dikirimkan. Jika hal ini dikonversikan dengan surat kovensional, maka pihak kantor pos di Amerika Serikat harus bekerja 2 tahun tanpa henti jika ingin menuntaskan pengiriman smeua surat yang masuk. Once again, thanks to the internet.

5. Data Digital

Sejak ada internet, kita mulai kenal sistem upload dan download data. Nah, semua data yang telah kamu upload dan download tersbeut sepintas terlihat biasa saja. Akan tetapi bila kamu mengingat dengan jumlah file dan dokumen yang kamu upload serta download di internet, kira-kira membutuhkan berapa keping DVD untuk menyimpannya? Faktanya, untuk menampung aktivitas harian kamu di internet saja sudah membutuhkan lebih dari 168 juta keping DVD.