Mimikri dan autotomi merupakan bentuk adaptasi dari hewan?

Jawaban:

  1. Mimikri adalah kemampuan makhluk hidup untuk meniru/ menyamai morfologi/ karakteristik fisiologis dan perilaku organisme yang tidak terkait.
  2. Kamuflase adalah kemampuan adaptasi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya dengan dengan cara bersembunyi di suatu tempat yang memiliki warna/ pola yang mirip dengan warna tubuhnya.
  3. Autotomi adalah kemampuan organisme untuk mempertahankan diri dengan cara memutuskan bagian tubuhnya untuk mengelabui predator.
  4. Hibernasi adalah tidur panjang yang dilakukan oleh makhluk hidup berdarah panas.

 

Penjelasan:

Persamaan kamuflase, mimikri, dan autotomi yakni keduanya sama-sama dilakukan oleh makhluk hidup sebagai bentuk pertahanan diri dari predator.

 

Contoh hewan yang dapat melakukan autotomi adalah cicak. Jika cicak dikejar oleh pemangsanya, maka cicak dapat memutuskan ekornya, lalu ekornya bergerak-gerak sehingga pemangsa akan tertuju pada ekornya yang telah putus. Kesempatan itu digunakan cicak untuk menghindar dari pemangsa.

 

Hewan-hewan melakukan hibernasi pada musim dingin saat pasokan makanan menipis. Hibernasi dilakukan dengan tujuan untuk menghemat energi, karena adanya penurunan metabolisme dalam tubuh hewan. Setiap spesies memiliki jangka waktu hibernasi yang berbeda-beda, mulai dari beberapa hari hingga bulan. Beruang adalah salah satu hewan yang paling populer dan sering melakukan hibernasi.

 

Contoh hewan yang melakukan kamuflase yaitu macan tutul yang bersembunyi di padang ilalang yang warnanya menyerupai warna tubuhnya, juga ular berwarna hijau yang bersembunyi di dedaunan hijau sehingga lebih mudah untuk memangsa tikus.

 

Bunglon merupakan hewan yang mampu melakukan mimikri. Bunglon yang sedang berada di daun berwarna hijau, mampu mengubah warna kulitnya menjadi hijau. Namun, saat bunglon berada dibatang pohon, maka warna kulitnya akan berubah menjadi coklat tua seperti kayu.

 

Detail jawaban

Kelas: VII (SMP 1)

Mapel: Biologi

Bab: Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

#AyoSekolah #TingkatkanPrestasimu #mimikri #bunglon #kamuflase #autotomi #hibernasi

Tinggalkan komentar