nama lain dari nirkabel adalah

nama lain dari nirkabel adalah

jawaban

Nama lainnya nirkabel / jaringan nirkabel:

• Wireless LAN / WLAN

• Wi-Fi

Nirkabel (wireless) dapat dibagi menjadi 2 kata yaitu nir (tanpa/tidak) dan kabel.

berarti bisa disimpulkan bahwa nirkabel adalah perangkat yang tidak menggunakan kabel untuk terhubung namun bisa menggunakan gelombang elektromagnetik.

Contoh : WLAN, bluetooth, antena eksternal, wireless router, access point

Jaringan tanpa kabel yang menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem lain menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel.
Contoh: Gelombang radio, gelombang mikro, infra red.
Fungsi sebagian besar dari jaringan nirkabel adalah untuk hotspot area.

Jaringan nirkabel (Inggris: wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.

Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya infra merah.

Pada tahun 1970 Norman Abramson, seorang profesor di University of Hawaii, mengembangkan komputer pertama di dunia jaringan komunikasi, ALOHAnet, menggunakan biaya rendah seperti ham-radio. Dengan bi-directional topologi bintang, sistem komputer yang terhubung tujuh ditempatkan lebih dari empat pulau untuk berkomunikasi dengan komputer pusat di Pulau Oahu tanpa menggunakan saluran telepon.