Cara Mudah Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca
Sumber gambar : pentingnya kesehatan

5 Cara Mudah Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Sim Card atau kartu SIM merupakan alat yang sangat penting di smartphone, tapi bagaimana jika SIM card kamu tidak terbaca? Tentunya kamu akan merasa panik bukan? Nah. sekarang kamu tidak perlu terlalu khawatir karena teknohits sudah merangkum beberapa cara mudah untuk mengatasi SIM card tidak terbaca di smartphone, untuk itu yuk langsung saja disimak informasi nya dibawah ini.

1. Bersihkan SIM Card

Cara mudah yang pertama mengatasi slot SIM card yang enggak terdeteksi yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan kartu SIM, bro. Buka dan lepaskan SIM Card yang enggak terbaca dari slot-nya, kemudian bersihkan dari debu-debu mikro yang menempel dan mengganggu kinerja SIM Card.

Umumnya ini dilakukan dengan menggunakan bantuan penghapus dan menggosokannya ke kuningan kartu SIM dengan perlahan. Berikutnya, kamu dapat aktifkan kembali smartphone Android dan tunggu hingga SIM card memberikan respon berupa terhubung ke jaringan seluler.

2. Matikan Smartphone dan Coba SIM Card Lain

Bila masih belum berhasil, kamu dapat coba menggunakan SIM card lain pada smartphone kamu. Lakukan pula hal yang sama pada SIM card milikmu dengan menaruhnya di HP lain. Bila ternyata kartu SIM lain yang digunakan pada HP milikmu berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada SIM card kamu. Begitupun juga sebaliknya. Trik ini sendiri adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui sumber kerusakan, geng.

3. Atur Ulang Jaringan

Bila slot SIM card 2 tidak terdeteksi tapi SIM card 1 fungsi dengan baik, dapat dipastikan jika masalah datang dari operator selular yang sedang error sehingga SIM card tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat mengatur ulang jaringan di smartphone Android kamu, bro. Bila tidak dapat di-setting secara otomatis, kamu bisa mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names. Di sini kamu tinggal mengatur settingan APN sesuai dengan jaringan dan operator seluler yang digunakan secara manual.

4. Factory Reset Android

Bila masalah kartu SIM tidak terbaca di Samsung atau HP lainnya masih belum terselesaikan, kamu dapat melakukan factory reset Android untuk kembalikan smartphone ke kondisi semula seperti baru. Akan tetapi, bila kamu mau lakukan trik cara mengatasi HP tidak bisa membaca SIM card satu ini, setidaknya kamu harus sedikit lebih waspada dan berhati-hati, bro! Karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan ikut terhapus ketika kamu melakukan factory reset. Sehingga jangan lupa untuk melakukan proses back up terhadap data-data penting terlebih dulu, ya.

5. Konsultasi ke Customer Service

Cara atasi kartu SIM tidak terbaca di iPhone maupun Android yang terakhir adalah dengan mendatangi atau menghubungi customer service operator seluler yang dipakai. Ini merupakan opsi paling akhir, termasuk buat kamu yang nggak ingin risiko lebih buruk terjadi pada SIM card. Karena dengan begini kamu jadi bisa mengatasi permasalahan langsung dengan ahlinya. Nah, jika SIM card yang kamu gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, umumnya customer service akan menawarkan opsi penggantian kartu SIm