5 Tips & Trik Membeli iPhone Bekas, Dijamin Mulus & Awet

hallo guys, dalam artikel kali ini teknohits akan memberikan tips & trik untuk kamu supaya kamu mendapatkan hasil yang memuaskan saat membeli iPhone bekas, untuk itu yuk langsung saja disimak informasi nya dibawah ini.

1. Pilih Rekomendasi Tipe iPhone Second Terbaik

Jangan mentang-mentang ngebet untuk pakai iPhone, akan tetapi kamu malah tergiur dengan harga murah dan akhirnya beli tipe iPhone yang sangat jadul. Bila kamu mempunyai niat untuk memakai iPhone sebagai smartphone utama, penggunaan harian, dan dalam jangka waktu lama, maka Jaka merekomendasikan setidaknya iPhone 6s, geng. Berdasarkan pantauan teknohits sendiri, iPhone 6s dibanderol mulai Rp1,8 jutaan untuk versi 16GB hingga Rp2,4 jutaan untuk versi 128GB. Harga ini bisa berbeda tergantung kondisinya, ya! Lalu yang membuat iPhone second ini layak dipakai di 2021 adalah masih memperoleh dukungan software sampai iOS 13.4 terbaru sehingga nggak bakal terlalu ketinggalan.

2. Beli iPhone yang Masih Bergaransi

Bila kamu niat membeli iPhone bekas online, seperti Kaskus atau OLX, carilah iPhone second yang masih bergaransi resmi. Memang harganya lebih mahal, namun kualitasnya tentu lebih terjamin. Alternatif lain, kamu dapat cari iPhone second yang Like New, yaitu secara bodi masih seperti baru. Jika mau yang sudah enggak bergaransi pun, pastikan masa haransi belum lama habis dan jangan pilih iPhone second yang sudah digunakan lebih dari 2-3 tahun, geng. Selain itu, ada juga orang yang penasaran dengan cara cek iPhone bekas garansi apa untuk mendapatkan iPhone bekas berkualitas impiannya. Harus kamu ketahui, kalau nggak ada istilah iPhone garansi internasional. Yang benar adalah iPhone garansi regional, yang artinya kamu bisa klaim garansi di mana perangkat tersebut dikeluarkan.

3. Tanyakan Nomor IMEI

Jika sudah ketemu barang bagus, tentunya pengen langsung hajar, dong! Tapi sebelumnya, baca dulu deskripsi produk dari penjual dan tanyakan kelengkapan, apakah lengkap dan masih original. Jika semua informasi yang diberikan sudah cukup, sebelum deal dan melakukan transaksi ada baiknya kamu cek nomor IMEI iPhone yang pula pernah teknohits ulas sebelumnya. Untuk lebih mudah, kamu dapat cek nomor IMEI dengan pergi ke menu Settings > General > About, geng. Dengan mengetahui IMEI iPhone, tentu kamu bisa mengecek apakah iPhone asli atau palsu dengan mencocokannya dengan dus sehingga penjual nggak bisa bohong. Maka dari itu, disarankan juga untuk melakukan transaksi secara COD (Cash On Delivery), sehingga kamu dapat mengecek kondisi iPhone sampai puas.

4. Pelajari Perbedaan iPhone

Sebelum mulai ketemuan dengan penjual, kamu pula wajib memperdalam ilmu kamu dengan mempelajari perbedaan tipe-tipe iPhone, sobat. Kenapa? Soalnya pada beberapa seri, iPhone sekilas mempunyai kesamaan secara fisik dan sulit dibedakan apabila kamu nggak menelusuri bagian dalamnya. Seperti perbedaan iPhone 7 dan iPhone 8 yang hampir identik secara fisik, namun punya spesifikasi yang berbeda. Tentu bakal menyesal kalau nggak dapat tipe yang sesuai keinginanmu, kan? Padahal kalau secara fisik, material yang dipakai kedua tipe iPhone ini berbeda, lho. iPhone 7 menggunakan material aluminum, sementara iPhone 8 sudah menggunakan material kaca.

5. Cek Kondisi Fisik iPhone

Saat  kamu lakukan transaksi dengan sistem COD, usahakan cari tempat yang aman, nyaman, dan tidak perlu terburu-buru sobat. Jangan lupa untuk mengecek kondisi fisik iPhone secara teliti, pastikan sesuai dengan deskripsi yang penjual berikan dan cek pula kelengkapannya. Untuk cek iPhone bekas, berikut beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Cek jaringan selular dan internet, di mana kamu bisa memasukkan kartu SIM dan menghubungkannya ke jaringan WiFi. Jangan lupa cek koneksi lain seperti Bluetooth. Periksa tombol Home, cek responsivitasnya dan pastikan masih empuk dan berjalan dengan baik tanpa ada sesuatu yang aneh. Pasalnya komponen ini terkenal cepat rusak.

Periksa tombol Power, pastikan masih dalam keadaan normal untuk membuka dan menutup iPhone.

Pastikan earphone berfungsi, kalau ada dalam kelengkapan yang diberikan pastikan aksesoris ini masih berfungsi dengan baik. Jika masih dalam keadaan baru dan asli, sebaiknya kamu simpan untuk meningkatkan harga jual kembali nantinya.

Cek charger dan kabel lighting berfungsi, mengingat cukup sulit menemukan kabel charger iPhone asli di pasaran yang juga punya harga cukup mahal.

Cek jack audio, jika masih ada pastikan suara yang dihasilkan tidak tersendat-sendat.

Tes speaker dan earpiece, coba gunakan untuk mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon untuk memastikan suara tetap jernih dan tidak pecah