Fitur Tersembunyi Samsung
Sumber gambar V jalan tikus

7 Fitur Tersembunyi Samsung yang Jarang Diketahui

Khusus untuk kamu pengguna smartphone android, Samsung, kali ini teknohits akan membahas sebuah fitur tersebut pada merek ponsel ternama asal Korea Selatan tersebut, banyak yang tidak mengetahui fitur rahasia yang terdapat pada Samsung, jika kamu penasaran, yuk langsung saja disimak infonya berikut ini.

1. Navigation Gesture

Navigation Gesture
Sumber gambar: android

Fitur pertama yaitu navigation gesture yang jadi sebuah navigasi di bawah layar HP hilang dan diaktifkan dengan cara mengusapnya sedikit ke atas. Fitur ini bantu kamu untuk membersihkan layar dari rumitnya tombol-tombol navigasi, sampai tampilan menjadi lebih minimalis. Navigation Gesture tidak muncul sebagai default, sehingga kamu harus mengaturnya secara manual. Kamu tinggal masuk ke halaman Display, selanjutnya masuk ke Navigation bar. Kamu tinggal pilih Full screen gestures untuk membuat navigasi menjadi hilang dan kamu aktifkan dengan mengusapnya.

2. Tombol Screenshot

Berikutnya yaitu tombol screenshot yang dipermudah dalam One UI. Jika sebelumnya kamu harus menahan tombol, kini kamu hanya cukup menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Bukan cuma itu, bila kamu memakai One UI di seri Samsung Note, maka ada fitur smart screenshot yang dapat kamu akses dari Panel Edge. Kamu juga dapat merekam GIF, Pin-to-Screen, dan lainnya.

3. Mode Satu Tangan

Berikutnya yaitu mode satu tangan yang berguna untuk menggunakan HP hanya dengan satu tangan. Fitur ini akan membuat layar menjadi kecil dan dapat kamu akses dengan mudah. Kamu dapat menghidupkan fitur ini melalui pengaturan One-handed mode di dalam pengaturan. Kamu bisa cari melalui fitur pencarian atau lewat Advance Features.

4. Trash

Nah, kalau fitur Recycle Bin pasti tidak asing lagi untuk kamu bukan? Bila umumnya ditemukan di dalam Windows, Samsung tidak kalah juga dengan menyematkan fitur Trash di dalam One UI. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini untuk menyimpan gambar terhapus. Akan tetapi, gambar yang tersimpan dalam Trash akan otomatis dihapus permanen selama 15 hari. Fitur ini akan sangat berguna jika kamu tidak sengaja menghapus gambar berharga. Untuk mengakses fitur ini, kamu dapat masuk ke pengaturan dalam Galeri dan pilih Trash.

5. Quick-Open Notification Panel

Quick-Open Notification Panel
Sumber gambar: gadget guide online

Berikutnya yaitu Quick-Open Notification Panel atau gestur untuk membuka notifikasi di atas layar hanya dengan sekali usap tanpa harus menjangkau atap layar. Cara untuk mengaktifkannya yaitu melalui pengaturan Home Screen, lalu pilih Quick-Open Notification Panel. Kamu pun dapat mengakses notifikasi dengan usap ke bawah dan Home dengan usap ke atas. Fitur ini enggak diaktifkan secara default saat kamu membeli produk baru Samsung atau update ke One UI.

6. Secure Folder

Nih, kalau fitur Secure Folder ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki aplikasi atau data yang sensitif dalam HP. Karena folder ini akan bersifat terkunci dan hanya bisa diakses dengan memasukkan kode.Untuk aktifkan fitur ini, kamu bisa mengaksesnya lewat Biometrics and Security. Lalu, tinggal pilih Secure Folder dan ikuti langkah yang diberikan. Kamu dapat kunci file apapun dalam HP kamu dengan menyimpannya di dalam Secure Folder. Nice!

7. Auto Night Mode

Fitur yang terakhir yaitu Mode Malam secara automatis, fitur ini tersembunyi dan jarang diketahui oleh pengguna. One UI memang dikenal memiliki mode malam yang baik, tapi lebih kece lagi jika dimaksimalkan dengan fitur auto. Auto Night Mode akan membuat antarmuka HP kamu disesuaikan dengan hari, sehingga mode malam akan aktif secara otomatis hanya pada saat malam hari saja.