Tahukah kamu, Inilah 5 Alasan iPhone Tidak Bisa Transfer Lewat Bluetooth
Sumber gambar: detik inet

Tahukah kamu, Inilah 5 Alasan iPhone Tidak Bisa Transfer Lewat Bluetooth

Untuk kamu Pengguna iPhone, sepertinya kamu sudah tidak asing lagi dengan fakta jika iPhone tidak bisa melakukan transfer data melalui bluetooth, nah makanya teknohits akan memberikan alasan utamanya agar kamu tahu dan tidak kudet lagi, yuk langsung saja disimak infonya ya.

1. Masalah Keamanan

Jadi sistem operasi HP dengan model sumber tertutup alias closed source, perangkat iPhone seringkali dianggap sebagai HP yang aman dari ancaman virus, bro. Apple sendiri memang dikenal sebagai produsen HP yang sangat mementingkan keamanan data pribadi para penggunanya. Hal tersebut juga yang kemungkinan besarnya jadi sebuah alasan kenapa fitur bluetooth di iPhone tidak dapat digunakan untuk melakukan transfer data, bro. Pengiriman file lewat bluetooh dianggap sebagai sebuah hal yang berpotensi dapat menyebarkan serangan virus. Apple sendiri membatasi penggunaan fitur bluetooth di perangkat iPhone mereka hanya untuk menghubungkan iPhone ke aksesori bluetooth seperti headset, speaker, atau lainnya.

2. Didesain Untuk Menguntungkan Perusahaannya Sendiri

Beberapa orang duga jika keterbatasan yang ada pada fitur bluetooth di iPhone memang sengaja dirancang sedemikian rupa agar memberikan keuntungan untuk perusahaan itu sendiri lho. Saat para pengguna iPhone nggak diberikan akses untuk melakukan transfer file seperti misalnya lagu atau video melalui bluetooth, makanya mau nggak mau mereka harus membelinya dari Apple Music. Dengan lakukan download atau pembelian di Apple Music, hal ini tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Apple selaku penyedia platform. Hal tersebut secara tidak langsung menjadi trik Apple untuk memaksa penggunanya agar hanya mendownload atau membeli apapun lewat platform resminya saja.

3. Menjebak Pengguna Agar Nggak Pindah ke OS Lain

Persaingan ketat antara Android dan iOS tentu saja buat keduanya harus terus berinovasi agar para penggunanya nggak pindah ke lain hati. Banyak orang menyebutkan bahwa alasan berikutnya yang membuat fitur bluetooth di iPhone nggak bisa untuk mentransfer file merupakan karena Apple sengaja menjebak penggunanya supaya tidak pindah ke OS lain, bro. Dengan keterbatasan yang dipunyai iPhone dalam berbagi file ke perangkat lain, tentunya akan menyulitkan para penggunanya yang berencana pindah ke perangkat dengan OS lain. Meskipun tetap ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti misalnya mengupload datanya terlebih dahulu ke cloud, tapi cara ini nggak cukup praktis dan membuat sebagian orang untuk tetap bertahan dengan perangkat iPhone-nya.

4. Sistem Operasi

Alasan selanjutnya yang dipercaya sebagai penyebab kenapa HP iPhone tidak dapat transfer data lewat bluetooth ke perangkat lain adalah karena keterbatasan yang terdapat di sistem operasinya. Seperti yang sudah teknohits bilang sebelumnya, sistem operasi iOS memiliki model sumber closed source sampai terdapat batasan-batasan tertentu yang tidak dapat dilanggar oleh penggunanya. Dalam hal itu proses transfer file menggunakan bluetooth juga menjadi salah satu aktivitas yang didasarkan pada Apple, bro. Sistem operasi iOS sendiri kabarnya dirancang pelaut mungkin untuk para penggunanya sehingga mereka nggak perlu khawatir meneganai masalah keamanannya.

5. Masalah Pembajakan

Di zaman sekarang ini pembajakan jadi hal yang sudah tidak aneh lagi ditemukan terutama di internet, bro. Terdapat banyak sekali situs yang menyediakan berbagai macam file bajakan yang menawarkan fitur serupa dengan versi originalnya dan dapat kamu unduh secara gratis dan mudah. Hal tersebut tentu saja krisis tindakan hukum yang idelanya harus segera dibasmi agar tidak merugikan banyak pihak. Dalam hal ini banyak orang yang menanggap kalau Apple sedang berusaha mengurangi pembajakan lewat pembatasan akses bagi penggunanya yang ingin mentransfer file via bluetooth.