Cara Kompres Video Melalui PC & Laptop dengan Mudah
Sumber gambar: om komputer

Cara Kompres Video Melalui PC & Laptop dengan Mudah

Pada artikel sebelumnya teknohits sudah membahas berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk kompres video melalui android dan iPhone, nah sekarang teknohits akan memberikan cara Kompres video melalui perangkat komputer dan laptop, yuk tak usah basa basi lagi yuk langsung saja disimak berikut ini.

 

Cara Kompres Video dengan Website Online di PC (Tanpa Aplikasi)

Untuk kamu para pengguna PC, cara mengompres ukuran video sebenarnya ada berbagai macam. Salah satunya yang paling mudah yaitu dengan trik yang akan Jaka bahas di sini. Sebetulnya, editing video ini juga bisa kamu lakukan di HP Android maupun iPhone. Akan tetapi, supaya lebih mudah dan cepat, teknohits menyarankan agar kamu melakukannya di Laptop/PC saja. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu ikuti dalam rangkaian cara mengkompres video di PC tanpa menggunakan aplikasi apapun.

Kunjungi situs VideoSmaller (http://www.videosmaller.com/) di browser PC/laptop. Upload video yang ingin kamu kompres dan atur kualitas hasil pengkompresannya. Tekan tombol Upload Video.

Note: Bila enggak mau memakai opsi low compression, silakan kamu sesuaikan ukuran dan kualitas video yang kamu mau. Kamu juga dapat menghapus audio dari video yang akan dikompres. Klik link download file untuk menyimpan video hasil kompres ke folder penyimpanan. Sudah selesai! Gampang banget, kan, cara kompres video kualitas bagus lewat online di atas?

 

Cara Memperkecil Ukuran Video di Laptop

Selain memakai situs kompres video yang ada di internet, kamu juga dapat menggunakan software khusus untuk mengecilkan ukuran video. Software ini dapat kamu manfaatkan ketika koneksi internet buruk, dan kamu kesulitan untuk mengakses situs yang Jaka rekomendasikan tadi. Meskipun agak effort, program editing yang satu ini jauh lebih fleksibel untuk digunakan dan proses pengerjaannya pun lebih cepat. Berikut langkah-langkahnya:

Download dan install aplikasi HandBrake di PC/laptop. Buka aplikasinya maka tampilannya. Klik opsi File pada Source Selection, lalu akan muncul kotak dialog untuk memilih video. Cari dan pilih video yang akan dikompres, lalu klik Open. Pada tab Video silahkan diatur sesuai gambar. Pada kolom Destination, atur penyimpanan output sesuai keinginan. Klik tombol Start Encode di paling atas, lalu tunggu proses encode-nya selesai (tergantung ukuran video). Akan muncul tulisan Queue Finished, tanda bahwa proses encode telah selesai. Dari hasil percobaan yang Jaka lakukan, bisa kita lihat bahwa aplikasi HandBrake ini cukup optimal untuk mencoba cara mengecilkan ukuran video di laptop.

VIRAL :  5 Aplikasi Film India Sub Indo Terbaik, Gratis & Gak Ribet

DAFTAR ISI