Film Bertema Kemerdekaan
Sumber gambar: Wikipedia

5 Film Bertema Kemerdekaan yang Wajib Banget Kamu Tonton

5 Film Bertema Kemerdekaan yang Wajib Banget Kamu Tonton, fim bertema kemerdekaan yang wajib banget kamu tonton, apalagi dengan mendekati bulan Agustus pasti film film seperti akan sangat ramai untuk disaksikan. Untuk itu yuk langsung saja kita simak infonya berikut ini.

1. Merah Putih (2009)

Merah Putih (2009)
Sumber gambar: imdb

Film Merah Putih yang dirilis di jagad perfilman Indonesia pada tahun 2009 ini adalah salah satu bagian dari Trilogi Merdeka. Film yang disutradarai oleh Yadi Sugandi ini adalah sebuah film trilogi bertema perjuangan kemerdekaan yang pertama di Indonesia, bro. Film ini berkisah tentang sekelompok anak muda yang berjuang bersama di dalam pasukan meskipun berasal dari suku dan kelas sosial yang berbeda.

2. Darah Garuda (2010)

Darah Garuda (2010)
Sumber gambar: kompas

Darah Garuda atau yang umum dikenal sebagai Merah Putih II adalah sebuah sekuel dari film Merah Putih dan juga bagian dari trilogi merdeka. Masih dengan sutradara dan aktor yang sama, film ini memiliki cerita yang masih terkoneksi dengan film sebelumnya, geng. Film ini berlatar pada tahun 1947, saat agresi militer Belanda pertama ke jantung pemerintahan Indonesia di Jawa Tengah.

3. Hati Merdeka (2011)

Hati Merdeka (2011)
Sumber gambar: tribun wiki

Hati Merdeka adalah sebuah film terakhir dari seri trilogi merdeka, geng. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini merupakan akhir yang menutup kisah dari para tokoh. Umumnya teman-teman mereka yang gugur dalam perjuangan kelompok tersebut dalam melawan Belanda, membuat semangat juang mereka menurun. Kelompok gerilya itu akhirnya dikirim ke Bali demi menuntaskan misi sekaligus membalas dendam dengan membunuh Kolonel Raymer yang telah membunuh anggota keluarga Tomas (Donny Alamsyah).

4. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)
Sumber gambar: tribun

Soekarno adalah sebuah film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini mengangkat biografi Soekarno semasa kecil sampai akhirnya bisa menjadi bapak proklamator Indonesia. Selain belajar sejarah, kamu pula dapat tahu beratnya perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia yang kerap disapa dengan panggilan Bung karno ini.

5. Sang Kiai (2013)

Sang Kiai (2013)
Sumber gambar: song

Sang Kiai adalah sebuah film yang menceritakan tentang kisah hidup KH Hasyim Asy’ari, seorang pejuang kemerdekaan sekaligus Kiai yang dihormati para santrinya. Kalau kamu tidak familiar dengan namanya, beliau adalah salah satu pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). Film ini pernah menjadi wakil Indonesia untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dalam Academy Awards ke-86. Luar biasa banget, ya, bro?