5 Produk Apple Terbaik Sepanjang Masa, iPhone 11 Tidak Termasuk?

Sudah tidak dipungkiri produk Apple menjadi salah satu produk teknologi yang diminati masyarakat di dunia, nah tahukah kamu jika selama berdirinya Apple telah membuat berbagai produk keren yang laris dipasaran? Nah apa sih produk terbaik buatan Apple yang paling terbaik sepanjang masa? Yuk kita ulas dibawah ini.

1. Macintosh

Macintosh
Sumber gambar: Wikipedia

Macintosh pertama dirilis pertama pada tahun 1984 dan jadi salah satu Personal Computer (PC) paling populer di era tersebut karena menggunakan mouse dan graphical user interface (GUI). Apalagi, produk ini dipasarkan dengan memakai iklan 1984 yang sangat fenomenal dan diputar dalam ajang Super Bowl. PC ini dilengkapi dengan layar 9 inci dengan prosesor Motorola 6800. Aplikasi yang terdapat di dalamnya antara lain MacPaint dan MacWrite. Dalam waktu tiga bulan, PC ini berhasil terjual sebanyak 70.000 unit dalam waktu tiga bulan dan 280.000 unit dalam waktu satu tahun.

2. iMac

iMac
Sumber gambar: apple

Saat Steve Jobs kembali ke Apple pada pertengahan 90-an, yang ia lakukan adalah memangkas habis produk-produk yang dianggapnya buruk. Sebagainya gantinya, ia minta Apple untuk berfokus pada empat produk, di mana salah satunya adalah PC untuk penggunaan personal. PC itu adalah iMac. PC yang satu ini memang terlihat berbeda dari PC kebanyakan yang terkesan suram dan menakutkan. Sentuhan desain dari Jony Ive membuat PC ini terlihat bersahabat dan ceria. Dalam waktu lima bulan, Apple berhasil menjual 800.000 unit. iMac dianggap sebagai pionir dalam era baru PC karena menambahkan USB dan optical drive, sekaligus membuat slot untuk floppy disk.

3. iPod

iPod
Sumber gambar: apple

Enggak berlebihan bila teknohits menyebutkan iPod adalah salah satu produk yang sukses menyelamatkan Apple dari kebangkrutan. Perusahaan ini sukses merevolusi industri musik dengan iPod yang berkapasitas 5GB dan mampu menyimpan 1000 lagu di dalam kantong. iPod sangat populer sampai tidak ada kompetitor yang berhasil menyainginya, termasuk Micorosft dengan Zune-nya dan Sony dengan Walkman-nya. Sampai kuarter pertama taun 2008, iPod sudah terjual sebanyak 10 juta unit dan menyumbang 25% pendapatan perusahaan. Saat iPhone dirilis, secara perlahan kehadiran iPod makin memudar karena iPhone juga mampu digunakan untuk mendengarkan lagu.

4. iTunes

iTunes
Sumber gambar: apple

iPod tidak sendirian dalam lakukan revolusi dalam industri masuk. Ia ditemani oleh aplikasi pemutar musik iTunes. Diperkenalkan pada tahun 2001, iTunes memungkinkan pengguna Apple untuk menyimpan lagu koleksinya dalam satu tempat. Beberapa tahun selanjutnya, dirilislah iTunes Store yang bikin orang bisa membeli lagu secara legal dengan harga yang terjangkau. Sekarang, kita juga bisa membeli buku, film, dan lain sebagainya. Tapi sayang, beberapa waktu terakhir ini iTunes kalah populer dibandingkan Spotify, sehingga Apple memutuskan untuk menutup layanan itu dan berfokus pada layanan Apple Music.

5. iPhone

iPhone
Sumber gambar: apple

Saat Steve Jobs memperkenalkan iPhone pertama kalinya pada tahun 2007, pasar handphone masih dikuasai Nokia. Pasar smartphone sendiri baru mulai meroket pamornya berkat kehadiran Blackberry. Namun, semua itu berubah ketika iPhone rilis. iPhone pertama dirilis dengan harga $499 dan mempunyai layar sentuh, sesuatu yang masih jarang pada masa tersebut. Berkat iPhone, nilai perusahaan Apple melonjak drastis dari $100 miliar menjadi $950 miliar. Penjualan iPhone sendiri menyumbang 60% dari pendapatan perusahaan. Kehadiran iPhone pula mengubah peta penjualan handphone, apalagi setelah Google merilis Andoid pada tahun 2008, menyebabkan Nokia dan Blackberry tertatih-tatih..