5 Serial Anime Populer Dengan Unsur Indonesia, Ada Dragon Ball Guys!

Meskipun agak sedikit aneh dan tidak mungkin tapi ternyata ada beberapa unsur Indonesia atau makna Indonesia dari beberapa serial anime Jepang populer dibawah ini, unsur Indonesia yang dimaksud adalah bisa dari berbagai hal seperti desain gambar, bahasa dll yang bisa jadi terinspirasi dari Indonesia, penasaran serial apa saja? Yuk kita simak dibawah ini ya.

1. Dragon Ball

Dragon Ball
Sumber gambar V kaskus

Yang pertama terdapat sebuah anime legendaris Dragon Ball nih, sob. Coba kamu ingat-ingat saat karakter utama Son Goku masih kecil dan mengikuti ajang Budokai Tenkaichi. Bila diperhatikan secara seksama, Papaya Island yang menjadi lokasi acara sangat mirip dengan Bali, loh! Lihat saja pura yang yang ada di arena, sangat mirip dengan yang ada di pulau Dewata itu. Bukan itu, kamu juga dapat menemukan beberapa istilah dalam bahasa Indonesia, seperti papan reklame bertuliskan Singaraja. Di komiknya, Akira Toriyama selaku yang bikin Dragon Ball juga menyisipkan orang Bali asli yang pernah menjadi tour guide-nya!

2. Naruto

Naruto
Sumber gambar: kincir

Anime favorit sejuta umat, Naruto, pula mempunyai beberapa unsur Indonesia. Salah satu yang mudah diingat adalah bentuk belum sempurna Juubi yang menyerupai bunga Raflesia Arnoldi. Selain itu, pada film The Last: Naruto the Movie, kita bisa melihat Sakura sedang memegang sebuah stupa yang sangat mirip dengan stupa di Borobudur. Apakah memang terinspirasi dari sana? Bisa jadi!

3. One Piece

One Piece
Sumber gambar: pulsk

Anime bajak laut yang tamatnya belum jelas kapan, One Piece, tidak mau kalah dengan menampilkan unsur-unsur Indonesia ke dalam animenya. Contohnya yaitu Enel yang menggunakan celana mirip dengan motif batik. Selain itu, telinganya yang memanjang ke bawah juga mirip dengan ciri khas suku Dayak dari Kalimantan. Ada pula pulau Jaya yang diyakini terinspirasi dari Irian Jaya, nama lama pulau Papua. Apalagi, pulau Jaya juga sangat kaya akan emas, sama seperti Papua.

4. Detective Conan

Detective Conan
Sumber gambar: terakurat

Penggemar Detective Conan? Anime yang mencerminkan tentang detektif ini juga pernah menampilkan secara singkat budaya Indonesia, loh. Jika tidak percaya, kamu coba tonton deh episode 184. Pada episode yang menceritakan hantu topeng-topeng terkutuk tersebut, sempat terlihat adanya penampakan topeng barong!

5. Ouran Highschool Boys

Ouran Highschool Boys adalah sebuah anime reverse harem di mana karakter utama ceweknya dikelilingi oleh banyak pria tampan. Pada salah satu episode, para karakter cowoknya terlihat sedang memodifikasi ruangan sehingga berkesan seperti di Bali, termasuk pakaian yang dikenakan.