Dibuat 100 Tahun Lalu, Inilah Serial Anime Tertua Di Dunia

Halo guys, kembali lagi dengan Mimin, dalam artikel kali ini Mimin akan memberikan sebuah informasi khusus untuk kamu pecinta anime, yaitu Mimin akan mengulas beberapa serial anime yang jadul banget dibuat pada 100 tahun lalu, karena gak percaya? Yuk lihat reviewnya di bawah ini.

1. Saru Kani Gassen (Monyet dan Kepiting)

Saru Kani Gassen (Monyet dan Kepiting)
Sumber gambar: wikiwand

Tahun Rilis: 1927

Anime tua yang pertama yaitu  Saru Kani Gassen  atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai  Monkey and the Crabs .Anime ini adalah serial anime pertama dari  Yasuji Murata  yang rilis pada tahun 1927. Naru Kani Gassen mengangkat sebuah cerita rakyat Jepang yang sangat terkenal,  The Quarrel of the Monkey and the Crab. D alam serial ini berkisah, ada seekor monyet monyet yang membunuh kepiting, lalu anak-anak kepiting melakukan balas dendam. Animenya sendiri berdurasi sekitar 5 menit.

2. Kemurigusa Monogatari (Kisah Tembakau)

Kemurigusa Monogatari (Kisah Tembakau)
Sumber gambar; mediariau

Tahun Rilis: 1926

Berdurasi sekitar tiga menit, Kemurigusa Monogatari atau A Story of Tobacco masuk ke dalam deretan anime paling jadul yang pernah ada. Di dalam anime tersebut, terdapat seorang lelaki kecil yang bercerita tentang kisah tembakau kepada seorang gadis muda yang gaya rambutnya masih gaya tradisional Jepang. Tanggal produksi anime ini tercatat tahun 1926, meskipun banyak yang beranggapan bahwa anime ini telah ada sejak tahun 1924. Anime ini disutradarai oleh Noburo Ofuji.

3. Senga Tsubo (The Pot)

Senga Tsubo (The Pot)
Sumber gambar: internet clan

Tahun Rilis: 1925

Lewat Kementerian Pendidikan Jepang, terciptalah anime Senga Tsubo (The Pot) pada tahun 1925 dan disutradrai oleh Sanae Yamamoto. Anime tersebut mempunyai durasi 17 menit dengan gambar hitam putih, di mana tiap adegan percakapannya digambarkan dengan menggunakan gelembung ucapan seperti di komik. Kisahnya sendiri menggabungkan kisah The Fisherman and the Genie dari The Arabian Nights dengan kisah singa dan rubah dari buku Machiavelli yang berjudul The Prince.

4. Kyoikusenga Ubasuteyama

Kyoikusenga Ubasuteyama
Sumber gambar: internet clan

Tahun Rilis: 1925

Kyoikusenga Ubasuteyama  merupakan serial anime lain yang dihasilkan oleh  Sanae Yamamoto  yang dirilis pada tahun 1925. Durasi 25 menit, anime tersebut berkisah mengenai seorang bangsawan yang tinggal di sebuah provinsi bernama  Shinano . Bangsawan itu membenci orang tua yang telah berusia 60 tahun ke atas, sehingga mengusir mereka semua ke sebuah pulau terpencil.
Lalu, ada seorang pemuda yang berusaha untuk mengalahkan bangsawan dan memperlakukan orang tua dengan lebih hormat. Anime yang dibeli oleh Kementerian Pendidikan Jepang dan Yamamoto sendiri diangkat menjadi karyawan sementara di kementerian. Selama di sana, Yamamoto berhasil memproduksi beberapa film animasi lagi.