Tahukah Kamu Apa Itu Reboot dan Apa Saja Fungsinya?

Dalam Android atau smartphone terdapat berbagai istilah yang disematkan untuk melakukan sesuatu, salah satu istilah yang paling sering didengar adalah Reebot, akan tetapi banyak juga yang belum mengetahui apa itu Reebot dan apa sih fungsinya Reebot itu? Yuk langsung saja kita ulas ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Reboot di HP?

Istilah reboot sudah dipakai sejak lama sejak zaman komputer. Saat ini smartphone banyak yang memakai istilah tersebut. Secara singkat, arti reboot HP merupakan proses yang dilakukan oleh memulai ulang perangkat dengan menghentikan sistem, aplikasi, komponen, dan lain sebagainya. Efeknya yaitu prosesor dan RAM HP menjadi kosong sembari menunggu proses muat ulang selesai. Setelah selesai, sistem akan mulai menjalankan kembali semuanya seperti semula.

Fungsi Reboot di HP

Fitur reboot ada bukan sekadar untuk memulai ulang perangkatmu, sob. Terdapat beberapa fungsi yang dijalankan oleh reboot seperti:

1. Mengoptimalkan Sistem

Jika HP-mu suka error ataupun layarnya tampak patah-patah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan reboot. Dengan lakukan reboot, HP-mu akan memulai ulang sistem sehingga semua resource menjadi optimal kembali.

2. Mengatasi Error Tertentu

Reboot pula dapat dipakai untuk mengatasi sistem error atau aplikasi yang tidak memberi respon sama sekali. Terkadang cara ini pula dipakai untuk mengatasi jaringan yang bermasalah. Meskipun tidak teruji secara ilmiah, kamu bisa mencobanya.

3. Mengosongkan Memori RAM

Fungsi lain dari lakukan reboot pada HP adalah untuk mengosongkan memori RAM (termasuk temporary file), sehingga HP menjadi lebih ringan.

4. Pembaruan Otomatis

Umumnya HP akan melakukan reboot secara otomatis bila ada pembaruan sistem. Hal tersebut dilakukan supaya HP dapat mengoptimalkan pembaruan itu, termasuk ke aplikasi-aplikasinya.