Tahukah Kamu Apa Itu Bitcoin Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Tahukah Kamu Apa Itu Bitcoin Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Hallo sobat Teknohits Tahukah Kamu Apa Itu Bitcoin? Dan bagaimana cara mendapatkan koin digital ini? Yuk kita ulas bersama pada artikel ini, karena saat ini bitcoin sedang ramai ramainya, langsung saja kita simak dibawah ini yah.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang kripto (cryptocurrency) yang dipakai untuk bertransaksi secara virtual di internet, tanpa melalui pihak ketiga atau perantara seperti bank. Sederhananya, Bitcoin adalah sebuah versi digital dari uang tunai yang proses transaksinya berlangsung secara peer-to-peer (P2P), yakni dari pengirim ke penerima. Akan tetapi, setiap transaksi Bitcoin tetap dicatat dalam buku besar yang didistribusikan publik yang disebut blockchainBlockchain merupakan sebuah sistem pencatatan atau basis data yang tersebar luas di internet yang digunakan untuk mencatat transaksi cryptocurrency.

Oleh karenanya, walau mempunyai fungsi sebagai alat pembayaran, namun Bitcoin tidak mempunyai wujud fisik seperti mata uang fiat. Bitcoin pula menggunakan kriptografi untuk menyediakan berbagai fungsi keamanan dasar. Dengan begitu, mata uang digital satu ini cuma bisa kamu pakai oleh pemiliknya saja dan enggak bisa dipakai untuk lebih dari satu kali transaksi. Bukan cuma itu, Bitcoin pula enggak diatur dan dipengaruhi oleh regulasi pemerintah atau lembaga keuangan manapun.

Bitcoin pula enggak bergantung pada satu penerbit utama seperti mata uang lain pada dasarnya, tapi memakai sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari jaringan P2P ke jurnal transaksi. Mencerna sejarahnya, Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang adalah sebuah nama samaran dan diluncurkan ke publik secara open source pada tahun 2009 silam. Transaksi pertama Bitcoin dilakukan oleh Satoshi ke seorang programmer bernama Hal Finney, yaitu sebesar 10 Bitcoin. Sampai pada tahun 2010, Satoshi berhenti mengembangkan Bitcoin dan menyerahkannya ke Gavin Andersen yang saat ini adalah seorang pimpinan developer di Bitcoin Foundation.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Bagaimana sob, tertarik untuk mempunyai Bitcoin sebagai salah satu aset digital dengan profit menjanjikan? Ngomongin soal ini, terdapat dua cara mendapatkan Bitcoin yang dapat kamu lakukan saat ini. Pertama, dengan melakukan Bitcoin mining. Kedua, dengan membelinya di ritel penjual Bitcoin.

1. Bitcoin Mining

Apa itu Bitcoin mining? Bitcoin mining merupakan aktivitas menambang Bitcoin yang ada di dunia dengan cara memecahkan sandi-sandi rumit Bitcoin. Seperti yang sudah mimin jelaskan sebelumnya, setiap transaksi Bitcoin berlangsung secara peer-to-peer yaitu dikirimkan langsung dari pembeli kepada penjual. Dan setiap Bitcoin yang dikirimkan tersebut mempunyai sebuah sandi rumit yang harus dipecahkan sebagai proses memverifikasi transaksi Bitcoin. Pada saat itulah penambang (miners) bekerja dan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin baru. Namun, untuk jadi miners Bitcoin diperluin komputer berspesifikasi tinggi dengan hardware yang harganya mencapai ratusan juta. So, tidak heran kalau imbalan berupa Bitcoin itu memang layak mereka dapatkan.

2. Membeli dari Exchanger Resmi

Bitcoin.co.id
Sumber gambar: suara.com

Selain dengan teknik Bitcoin mining, Bitcoin pula dapat didapat dengan membelinya langsung dari exchanger resmi atau ritel-ritel penjual Bitcoin. Meski saat ini harga Bitcoin sedang melambung tinggi dan bahkan menyentuh sekitar Rp829 juta (19/03), tapi kamu bisa kok membeli Bitcoin dalam bentuk pecahan dengan modal mulai dari Rp100 ribu saja. Dewasa ini, terdapat banyak aplikasi ataupun situs resmi yang memperdagangkan Bitcoin, termasuk salah satunya Bitcoin.co.id yang telah terdaftar di Bappebti dan Kominfo.