Tahukah Kamu Apa Itu CAPTCHA? Apa Saja Jenisnya?

Tahukah Kamu Apa Itu CAPTCHA? Apa Saja Jenisnya?

Jika kamu sering masuk kedalam sebuah situs, biasanya banyak situs yang menyematkan wajib mengisi CAPTCHA didalamnya, mereka berkendapat jika itu untuk kepentingan situs agar tidak mudah diretas, lalu tahukah kamu apa itu CAPTCHA? yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu CAPTCHA?

Untuk kamu yang belum tahu, sebenarnya CAPTCHA itu adalah sebuah singkatan, loh! Kata CAPTCHA tersebut berasal dari Completely Automated Public Turing test to tell Computer and Humans Apart. Baru tahu, kan? Cara bacanya adalah KAPT-chuh atau keptcah. Sesuai namanyanya, CAPTCHA adalah semacam permintaan atau pengajuan online yang dilakukan untuk proses verifikasi. Mungkin kamu udH sadar betul jima kata T pada CAPTCHA menyimbolkan kata Turing. Kalau kamu pernah nonton film Immitation Game, pasti tahu yang namanya Alan Turing. Salah satu bapak teknologi itu pernah membikin tes untuk mengetahui apakah mesin dapat berpikir seperti manusia. Oleh karena itu, namanya didedikasikan untuk tes yang berfungsi untuk mengetahui apakah dia mesin atau manusia. Tes Turing standar memakai orang sungguhan dalam menilai subyek. Sebaliknya, CAPTCHA dikelola secara otomatis oleh komputer.

Jenis-Jenis CAPTCHA

Saat kamu buka sebuah situs, biasanya ada beberapa jenis CHAPCHA yang harus kamu kerjakan. Umumnya akan muncul dalam bentuk kombinasi acak angka dan huruf yang disusun secara tidak beraturan. Terdapat pula yang mengharuskan kita memilih gambar-gambar tertentu. Misal ada sembilan gambar, kita disuruh memilih beberapa gambar yang ada mobil atau lampu merahnya. Meski terlihat ribet, sebetulnya CAPTCHA mempunyai banyak fungsi penting yang enggak bisa kamu abaikan!

VIRAL :  Cara Cek BI Checking di OJK Online via HP 2021