observasi kerajinan bahan keras nusantara

observasi kerajinan bahan keras nusantara

sebutkan jenis kerajinan, asal daerah, bentuk , warna tekstur, ragam hias, perbedaan yang menonjol. 6 saja

jawab

Berdasarkan soal diatas diketahui

Kerajinan bahan keras nusantara

Ditanya: sebutkan jenis kerajinan, asal daerah, bentuk , warna tekstur, ragam hias, perbedaan yang menonjol. 6 saja

Jawab:

1.

jenis kerajinan Kerajinan Logam, asal daerah nusantara, bentuk sistem cor, ukir, tempa , warna logam, tekstur beragam, ragam hias (gelas, kap lampu, perhiasan, wadah serbaguna, piala), perbedaan yang menonjol menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak, dan lain-lain..

2.

jenis kerajinan Kerajinan Kayu, asal daerah jati dari jepara, bentuk nya bisa dari kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka, dan lain-lain. , warna tekstur tergantung kayu, untuk tekstur kayu jati lebih halus, dengan serat kayu yang tajam dan warna lebih seragam dibanding jati belanda, ragam hias Jepara merupakan ekspersi dari pada bentuk-bentuk tanaman dll, perbedaan yang menonjol yakni setiap daerah memiliki ciri khas ukiran sendiri dengan menggambarkan makna kehidupan masyarakat setempat.

3.

jenis kerajinan Kerajinan Rotan, asal daerah pulau Kalimantan, bentuk kuat dan lentur , warna cokelat tekstur salah satunya permukaan halus, getas atau mudah patah setelah kering, ragam hias keranjang, meja kursi, almari, tempat makanan, perbedaan yang menonjol yakni rotan memiliki ukuran pietrit (adalah bahan rotan yang berasal dari bagian inti tanaman rotan) yang berbeda-beda yang dimanfaatkan untuk berbagai kreasi tertentu sesuai kebutuhan ukuran yang diperlukan.

4.

jenis kerajinan Kerajinan Bambu, asal daerah, bentuk dengan teknik teknik anyaman dan teknik tempel atau sambung. , warna cokelat tekstur lurus panjang (bambu) , ragam hias hiasan dinding, kipas, meja, kursi, lampu hias,dll, perbedaan yang menonjol adalah anyaman Indonesia sangat dikenal di mancanegara dengan berbagai motif dan bentuk yang menarik.

5.

jenis kerajinan Kerajinan Kaca Serat fiberglass, asal daerah bandung dan jombang, bentuk Resin dan fiberglass dalam bentuk chopped strand , warna bening tekstur kuat dan tahan korosi, ragam hias badan mobil dan bangunan kapal, perbedaan yang menonjol dapat dari Campuran fiberglass yang digunakan untuk membuat fiberglass

6.

jenis kerajinan Kerajinan Batu, asal daerah Kalimantan , bentuk jenisnya beraneka ragam pastinya keras , warna bermacam-macam tekstur keras, ragam hias cincin, gelang, liontin, dll, perbedaan yang menonjol tiap batu memiliki warna berbeda didapatkan dari peristiwa kimia dan fisik yang berbeda.