5 Masalah yang Sering Terjadi Pada Smartphone Xiaomi & Solusinya

cara mudah menghapus aplikasi bawaan di Android

Hallo sobat teknohits dimanapun kalian berada, kali ini Mimin akan sedikit membahas mengenai informasi yang sangat penting untuk kamu pengguna smartphone android yaitu cara mudah menghapus aplikasi bawaan, aplikasi bawaan terkadang akan menyita banyak memori kamu, untuk itu yuk langsung saja kita hapus dengan cara dibawah ini.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan CCleaner

Untuk cara satu ini, kamu harus memakai aplikasi CCleaner yang berfungsi untuk membersihkan memori dan cache pada HP agar lebih ringan.

Langkah 1 – Download & Install Aplikasi

Pertama, kamu harus download dan install aplikasi CCleaner yang sudah Jaka sediakan pada tautan di bawah ini:

Langkah 2 – Pilih App Manager

Buka aplikasi CCleaner yang udaj ter-install dan tap tiga garis yang ada di pojok kiri atas, pilih App Manager.

Langkah 3 – Buka Pengaturan Sistem

Pilih tab System dan tekan tombol ikon tong sampah.

Langkah 4 – Mulai Hapus Aplikasi

Saat kamu mau menghapus aplikasi bawaan dari sistem, akan muncul peringatan. Kamu bisa mengabaikannya dengan tekan tombol Continue.

Note: Risiko dalam menghapus aplikasi bawaan sistem Android menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna.

Langkah 5 – Pilih Aplikasi Dihapus

Pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu hapus dari smartphone Android kamu.

Langkah 6 – Selesai

Tap Uninstall, lalu akan muncul peringatan apakah kamu benar-benar yakin untuk menghapus aplikasi tersebut. Jika yakin, tap Uninstall kembali.

2. Menonaktifkan Aplikasi Pada Settings

Jika aplikasi bloatware tersebut tidak dapat dihapus oleh CCleaner dan kamu nggak pengen root HP Android kamu, kamu bisa coba menonaktifkan aplikasi tersebut, sob. Memang, sih, aplikasi ini akan tetap memakan memori. Akan tetapi tanpa akses, bloatware tersebut nggak bakal bikin HP kamu tambah lemot.

VIRAL :  Kenapa Android Sering Lemot? Ternyata Ini Jawabannya

Langkah 1 – Buka Settings

Pada halaman utama HP Android-mu, buka menu Settings. Kemudian scroll ke bawah hingga kamu menemukan Apps. Setelah kamu klik, kamu bakal masuk ke menu baru. Pilih opsi Manage Apps.

Langkah 2 – Hapus Bloatware

Di halaman Manage Apps, kamu tinggal cari bloatware yang ingin kamu hapus. Beberapa aplikasi bawaan mempunyai sebuah opsi untuk Uninstall Updates. Opsi ini berbeda dengan Uninstall yang bakal menghapus aplikasi dari HP kamu. Uninstall updates cuma bisa menghapus semua update versi aplikasi sehingga aplikasi tersebut balik ke versi awal. Meski tidak hilang, namun menghapus update seenggaknya mengurangi beban memori di HP kamu. Ada pula beberapa opsi untuk Force Stop yang bakal memaksa aplikasi tersebut untuk berhenti bekerja sehingga RAM kamu jadi lebih lega. Selain kedua opsi di atas, kamu pula dapat memilih opsi Clear Data untuk menghapus semua data dan cache dari aplikasi tersebut. Gampang banget, kan, sob? Sayangnya metode ini nggak bisa kamu gunakan untuk cara menghapus YouTube di HP atau aplikasi bawaan Android yang penting