Apa Itu Cache? Apa Fungsi & Kelebihan Kekurangan nya? Yuk Kita Ulas

Apa Itu Cache? Apa Fungsi & Kelebihan Kekurangan nya? Yuk Kita Ulas

Hallo sobat teknohits dimanapun kalian berada, kali ini Mimin akan mengulas tuntas mengenai cache, tahukah kamu apa itu cache? Jika belum tahu yuk sama sama kita ulas dibawah ini ya.

1. Apa Itu Cache?

Cache merupakan sebuah data bersifat sementara yang disimpan pada penyimpanan internal smartphone. Data ini mencatat semua aktivitas pada aplikasi yang dipakai. Contohnya saja, kamu buka aplikasi browser, lalu mengakses situs Facebook dengan menulis alamat web nya di kolom pencarian. Kamu juga melakukan login dengan memasukkan alamat e-mail dan password. Nih, semua data yang kamu catatkan atau lakukan di browser akan disimpan dalam cache. Sampai ketika ntar kamu buka browser dan mau untuk mengakses situs Facebook lagi, kamu tidak perlu menulis ulang alamat web ataupun login ulang, sob. Karena, semua data kamu sebelumnya suda tersimpan di data cache. Aksesnya pun menjadi lebih cepat. So, sudah paham kan cache itu apa.

2. Fungsi Data Cache

Lalu, apa sih fungsi cache? Secara sederhana, fungsi cache yaitu untuk membantu membuat aplikasi bekerja lebih cepat dan lebih efisien karena data disimpan secara lokal. Misalnya saja pada browser, data cache aplikasi merubah informasi yang akan membuat situs web memuat lebih cepat karena bisa mengakses data lebih cepat dari folder lokal. Kita ambil contoh seperti gambar di beranda atau situs blog dapat berukuran relatif besar, sehingga dengan adanya cache elemen-elemen tersebut hanya perlu diunduh satu kali. Kamu pula akan meninggalkan situs web jika terlalu lama memuat, kan? Untuk itu, memakai caching adalah cara penting bagi pemilik situs untuk meningkatkan pengalaman user.

BACA JUGA  Cara Buat Undangan Pernikahan Lewat Power Point & Website

3. Apakah Data Cache Harus Dihapus?

Pertanyaan berikutnya yaitu apakah cache harus dihapus? Cache sebetulnya bermanfaat untuk efisiensi waktu dan kecepatan smartphone saat mengakses aplikasi. Akan tetapi, data cache yang terlalu besar justru akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Karena, cache memakan memori internal, proses loading akan menjadi lebih lama apalagi kalau datanya banyak. Jadi, sebaiknya kamu menghapus data cache secara rutin. Nggak perlu setiap hari, kamu cukup melakukannya 2 hari sekali atau seminggu sekali saja, geng. Atau, saat kamu merasa smartphone sudah mulai lemot, kamu juga bisa mencoba menghapus data cache untuk membantu mengurangi data nggak penting di memori internal.

4. Kelebihan dan Kekurangan Menghapus Data Cache Aplikasi

Dari penjelasan Jaka di atas, kamu pasti sudah memiliki kesimpulan tersendiri mengenai apa itu data dalam cache. Kamu pun sepertinya sudah mengerti bahwa menghapus cache di HP memiliki dampak positif dan negatif, sob. Kelebihan menghapus cache adalah memperluas memori internal sampai kinerjanya pun akan ringan. Biasanya, aplikasi yang tadinya error pun akan berfungsi dengan normal lagi Sedangkan kekurangan menghapus cache itu apa adalah memulai ulang sistem aplikasi dari awal lagi. Alhasil, loading aplikasi yang akan dibuka menjadi lebih lama daripada sebelum cache dihapus. So, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini hanya bersifat sementara. Yang penting, kamu harus sabar saat membuka aplikasi setelah menghapus data cache, sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *