Tahukah Kamu Apakah Itu Wibu? Begini Ciri Cirinya

Tahukah Kamu Apakah Itu Wibu? Begini Ciri Cirinya

Hallo guys, kali ini teknohits akan coba mengulas tentang wibu, tahukah kamu apa itu Wibu? Banyak orang yang bilang kalo Wibu adalah orang yang suka nonton anime, padahal bukan juga loh karena definisi Wibu itu ternyata menyeluruh, bukan berarti orang yang suka anime itu Wibu.

Asal Mula Kata Wibu dan Artinya

Kata weeaboo sendiri asalnya dari cuplikan komik Perry Bible Fellowship karya Nicholas Gurewitch yang waktu itu tidak mempunyai sebuah makna apapun. Pada pertengahan tahun 2000an, berawal dari forum 4chan, kata tersebut telah gantikan istilah wapanese atau wanna be Japanese sebagai ejekan kepada orang-orang yang maniak kepada segala hal yang berbau Jepang. Jadi bisa disimpulkan, wibu merupakan orang yang terlalu mencintai kebudayaan Jepang sampai merendahkan budayanya sendiri. Wibu bukan adalah kepanjangan dari apapun, melainkan bahasa serapan asing.

Ciri-Ciri Seorang Wibu

Apa saja ciri-ciri seorang Wibu? Tentunya terdapat beberapa parameter yang bisa digunakan untuk tahu ciri-ciri seorang wibu. Untuk kamu yang cuma sekedar menikmati kebudayaan Jepang dari nonton anime aksi dan sebagainya, itu saja tidak cukup untuk membuat kamu disebut sebagai wibu. Di bawah ini teknohits akan memberi tahu kamu beberapa ciri-ciri yang paling kentara yang dapat menjabarkan apa arti wibu. Kira-kira berapa yang kamu miliki?

1. Bangga dengan Kebudayaan Jepang Secara Berlebihan

Pertama, mereka amat gemar memberitahu kegemarannya atas kebudayaan Jepang. Ia enggak akan merasa malu akan hal tersebut.Tidak cuma sekedar menyukai kebudayaan Jepang, mereka juga enggak segan untuk berpakaian seperti orang Jepang dan menggunakan kosa kata Jepang untuk berbicara dengan orang lain. Kamu pasti sering kan ketemu sama orang-orang yang sering menggunakan kata seperti ohayoarigatoukonichiwaetodaijobun, hingga gomenasai. Sebetulnya hal itu engga masalah. Cuma saja, seorang wibu akut umumnya akan menghina budayanya sendiri karena terlalu mengagungkan kebudayaan Jepang.

BACA JUGA  Kenapa Air Mata Keluar Saat Kita Sedih? Ini Alasannya

2. Suka Nonton Anime dan Semua yang Berbau Jepang

Umumnya sebutan wibu muncul bila seseorang suka menonton anime. Padahal, penonton anime populer belum tentu seorang wibu, dapat saja mereka hanya seorang otaku. Jika seorang wibu sudah suka anime tertentu, ia akan mengoleksi merchandise yang berkaitan dengan judul anime tersebut seperti action figure ataupun memajang poster di kamarnya. Padahal, harga action figure cukup mahal. Mereka rela mengeluarkan uang dalam nominal besar demi mendapatkan barang yang mereka inginkan tersebut. Enggak terbatas anime, mereka pula suka menonton film maupun drama Jepang. Mereka juga suka mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jepang, terutama soundtrack anime.

3. Terobsesi Berlebihan dengan Karakter Anime

Bila sudah sampai tingkat yang parah, wibu akan sangat terobsesi dengan karakter anime favoritnya. Enggak sedikit wibu yang akan menganggap karakter anime sebagai waifu atau husbando-nya. Mereka berfantasi seolah-olah karakter tersebut benar-benar hidup. Bagi mereka, karakter anime merupakan sosok yang sempurna untuk dijadikan sebagai pasangan. Bukan cuma itu, terdapat sebuah fenomena di Jepang yang disebut sebagai sindrom kelas 8 di mana penderitanya menganggap dirinya memiliki kekuatan super. Mereka terinspirasi dari anime-anime fantasi yang ditonton. Teknohits menjadi kasihan karena mereka pasti dijauhi teman-temannya karena kalau seperti ini ciri-ciri wibu-nya sudah sangat kentara.

4. Kerap Memasang Foto Profil dengan Karakter Anime

Wibu juga sering diidentikkan dengan kepercayaan diri yang rendah sebab jarang melakukan interaksi sosial dengan masyarakat sekitarnya. Mungkin sebab alasan itulah para wibu kerap menggunakan karakter anime favoritnya sebagai foto profil di media sosial (medsos) mereka. Enggak cukup di situ, nama mereka pun akan dibuat bernuansa Jepang. Ada juga yang berpendapat jika para wibu ini sangat galak di medsos, terutama jika anime favorit mereka dihina. Tapi jika bertemu langsung, mereka aku langsung melempem seperti kerupuk.

BACA JUGA  Tahukah Kamu, Asal Usul Pakaian Toga Wisuda?

5. Kerap Mengisolasi Diri, Ciri-Ciri Wibu Level Akut

Karena sering dianggap aneh oleh orang lain, seorang wibu cenderung menutup diri dari lingkungan luar dan lebih memilih ruangannya yang nyaman. Kalau keluar, kemungkinan besar dia cuma ikut acara-acara festival Jepang atau menjadi seorang cosplayer. Ini lah kenapa banyak yang mengasosiasikan arti wibu adalah isolasi diri, salah satunya. Akibatnya, mereka juga kerap dicap sebagai nolep yang berasal dari kata no life alias tidak punya kehidupan. Mereka merasa dunia mereka ya hanya di rumah atau kamar saja nonton anime. Keuntungannya, ketika kita diminta untuk #dirumahaja karena virus Corona, seorang wibu sama sekali tidak keberatan karena mereka terbiasa melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *