sebuah lukisan suasana pasar tradisional merupakan contoh lukisan dengan tema

sebuah lukisan suasana pasar tradisional merupakan contoh lukisan dengan tema

jawab

Jawaban:

Lukisan suasana pasar tradisional merupakan contoh lukisan dengan tema kegiatan manusia dengan kegiatannya

Penjelasan:

Karena di lukisan itu terdapat gambar kegiatan manusia dengan suasana pasar tradisional.

tambahan

6 Tema dalam seni lukis yaitu:

  1. Tema hubungan antara manusia dengan diri manusia itu sendiri
  2. Tema hubungan antara manusia dengan manusia lainnya
  3. Tema hubungan antara manusia dengan alam sekitar
  4. Tema hubungan antara manusia dengan benda
  5. Tema hubungan antara manusia dengan aktivitas manusia
  6. Tema hubungan antara manusia dan khayalannya

 

Pembahasan

Seni lukis adalah seni atau karya dua dimensi yang dibuat diatas kanvas atau permukaan datar lainnya berisi unsur-unsur pokok garis dan warna menggunakan cat atau pewarna lainnya.

Dalam membuat karya seni lukis terdapat beberapa yang dapat kita gunakan, yaitu:

  1. Tema hubungan antara manusia dengan diri manusia itu sendiri, yaitu pelukis menuangkan atau menggunakan ide dan gagasan yang berasal dari seniman itu sendiri, misalnya wajahnya sendiri.
  2. Tema hubungan antara manusia dengan manusia lainnya, yaitu pelukis mengekspresikan keindahan orang – orang yang ada disekitanya, misalnya anak pelukis itu sendiri atau orangtua, saudara, teman atau suami atau istri si pelukis itu.
  3. Tema hubungan antara manusia dengan alam sekitar, yaitu pelukis menggunakan keadaan alam sekitanya untuk menjadi objek lukisan, misalnya pegunungan, kebun bunga, laut, danau, perkotaan dan lainnya.
  4. Tema hubungan antara manusia dengan benda, yaitu pelukis menggambarkan keunikan dan keindahan dari benda – benda sebagai inspirasi membuat lukisan, misalnya perabotan rumah, alat tulis, benda eletronik.
  5. Tema hubungan antara manusia dengan aktifitasnya, yaitu pelukis menggambarkan langsung kegiatan manusia yang ada disekitar atau yang dia alami senddiri, untuk mengekspresikan emosinya. Misalnya kegiatan petani di sawah, perang, atau kemacetan di kota.
  6. Tema hubungan antara manusia dengan khayalannya, yaitu seniman menuangkan imajinasi atau khayalan yang ada di benaknya ke dalam bentuk lukisan.