Kumpulan Cara Mudah Aplikasi Terhenti Di Android

Hallo guys, apakah kamu pernah mengalami aplikasi terhenti di android? Nah jika pernah atau sering, kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena teknohits sudah merangkum kumpulan cara mengatasi masalah aplikasi terhenti di android, untuk itu yuk langsung saja kita simak infonya dibawah ini.

1. Hentikan Aplikasi Berjalan di Background

Salah satu penyebab aplikasi Android menjadi eror yaitu penuhnya memori RAM yang digunakan. Solusi pertama kali yang dapat kamu lakukan yaitu dengan cara membersihkan dan mengentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang alias background. Untuk melakukannya, pada kebanyakan smartphone kamu tinggal tap tombol Recent Apps dan tinggal tekan ikon “X” atau bersihkan untuk menghapus semua proses yang berjalan di background.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Tapi sayang, aplikasi telah berhenti di Android bisa jadi disebabkan oleh cache dan data yang eror pada aplikasi tersebut. Kamu juga dapat mengatur manajemen aplikasi dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android kamu. Caranya kamu tinggal membuka menu Settings > App & notifications > Pilih Aplikasi > Storage > Clear Cache atau Clear Data untuk menghapus salah satu atau keduanya. Selain memakai cara manual, kamu bisa juga menggunakan aplikasi pembersih Android seperti CCleaner untuk membersihkan seluruh aplikasi secara sekaligus guys.

3. Cek Kartu microSD

Hampir semua smartphone saat ini dibekali dengan slot kartu microSD tambahan untuk menyimpan berbagai file termasuk beberapa aplikasi. Kartu microSD yang eror terkadang membuat aplikasi Android terhenti bahkan saat kamu pakai. Untuk langkah awal, kamu dapat mengatasinya dengan cara mematikan smartphone Android dan mengecek kondisi kartu SD yang kamu pakai.

4. Restart Smartphone Android

Error pada aplikasi Android yang berhenti saat kamu pakai bisa disebabkan beberapa hal. Mulai dari aplikasi hingga sinyal internet yang tidak stabil kamu gunakan.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Bila cara sebelumnya masih belum membawa solusi, kamu dapat melakukan uninstall dan install ulang aplikasi yang kamu gunakan. Hal tersebut bisa saja disebabkan beberapa data aplikasi eror dan corrupt sehingga aplikasi tidak berjalan semestinya. Memang, memerlukan kuota internet untuk lakukan instalasi ulang aplikasi. Namun cara ini dapat saja membikin aplikasi Android normal kembali dan bisa kamu pakai selanjutnya lho.