Keuntungan Investasi Saham, Auto Kaya Mendadak Bro

Untuk kamu yang berniat untuk investasi saham, yang pertama harus kamu tahu yaitu apa sih keuntungan yang kamu dapat saat kamu investasi saham? Jika kamu belum paham, tak usah khawatir teknohits sudah merangkum dibawah ini.

1. Mendapatkan Potensi Capital Gain

Dalam dunia saham, terdapat beberapa potensi keuntungan yang bisa didapat oleh investor. Salah satunya yaitu capital gain alias selisih antara harga beli dan harga jual saham. Capital gain biasanya terjadi sebab terdapat sebuah aktivitas perdagangan di bursa efek, yang memicu munculnya fluktuasi antara supply dan demand dari saham tersebut. Oleh karena itu, lakukan riset emiten sebelum membeli saham yaitu hal penting yang wajib dilakukan supaya potensi capital gain ini bisa kamu dapatkan. Oh, ya, kamu akan memperoleh capital gain kalau saham yang harganya naik kamu jual, ya. Jika harganya mulai turun, kamu sebaiknya jual saham itu supaya kerugian tidak besar. Sementara itu, untuk kamu yang berinvestasi pada reksa dana saham, selektif dalam memilih manajer investasi yang terbaik juga jangan sampai dilewatkan, ya!

2. Menerima Dividen

Keuntungan saham lainnya yang paling ditunggu-tunggu oleh para investor adalah dividenDividen merupakan pembagian laba bagi para pemegang saham, yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki investor. Dengan begitu, semakin banyak jumlah lot saham yang kamu miliki pada suatu emiten, maka semakin besar pula nilai dividen yang dapat diperoleh. Beberapa perusahaan umumnya membagikan dividen sekali atau bahkan dua kali dalam setahun pada bulan yang telah ditetapkan. Kebijakan pembagian dividen ini berbeda-beda di tiap perusahaan. Terdapat perusahaan yang sudah matang dan rajin membagikan dividen setiap tahun. Akan tetapi, sebab dividen bersumber dari keuntungan yang diperoleh perusahaan, maka para pemegang saham pun dapat berpotensi tidak menerimanya jika perusahaan tersebut tidak memiliki keuntungan.

Terdapat pula perusahaan yang jarang membagikan dividen karena labanya dipakai untuk membiayai ekspansi yang bertujuan agar kinerja keuangan perusahaan makin kinclong di masa mendatang. Maka dari itu, belilah saham dari perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja dan prospek bagus kedepannya supaya dividen bukan hanya sekadar khayalan, sob!

3. Return yang Besar

Return besar kayaknya sudah menjadi salah satu ciri khas dari kegiatan berinvestasi saham. Makanya tak heran, jika cara memulai investasi saham saat ini dicari banyak orang, tak terkecuali generasi milenial. Akan tetapi, ingat! Keuntungan saham per bulan atau per harinya yang kamu dapatkan tidaklah selalu sama, sebab semuanya balik lagi terhadap perubahan ekonomi dan politik yang terjadi di Indonesia. Bila, jangan sampai karena bulan ini kamu mendapatkan untung besar pada emiten tertentu, lalu memindahkan semua investasi milikmu pada instrumen lain ke emiten tersebut. Ingat, diversifikasi itu penting, sob! Diversifikasi sendiri berarti enggak tempatkan seluruh investasi pada satu instrumen saja, dengan tujuan untuk meminimalisir risiko kerugian.

4. Memiliki Hak Ikut Serta dalam RUPS

Sebagai salah satu pemegang saham dari suatu perusahaan, kamu mempunyai hak untuk ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam kegiatan RUPS, kamu bisa mengetahui rencana atau strategi perusahaan kedepannya, menerima pembagian dividen, dan mengetahui informasi laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Meskipun itu, RUPS sendiri bukanlah kegiatan wajib yang wajib diikuti oleh para investor karena sifatnya hanyalah undangan. Tenang! Dividen yang dibagikan tetap akan kamu dapatkan, kok.

Tinggalkan komentar