Kumpulan Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk PC dan Laptop

Kumpulan Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk PC dan Laptop

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada, kali ini Mimin akan merekomendasikan Beberapa aplikasi perekam layar Terbaik yang bisa kamu gunakan pada perangkat komputer dan laptop, aplikasi ini sangat berguna untuk kamu yang ingin menjadi konten kreator seperti streaming game atau konten ome tv yang sedang ramai saat ini, penasaran aplikasi apa saja? Yuk langsung kita simak infonya dibawah ini.

1. Open Broadcaster Software (OBS Studio) – Aplikasi Screen Recorder PC Tanpa Watermark

Open Broadcaster Software atau umum disebut OBS Studio yaitu salah satu software perekam layar PC dan laptop terbaik tanpa watermark. OBS Studio ini mempunyai sifat open source dan multiplatform, sehingga kamu bisa memasangnya di Windows, OSX, ataupun GNU/Linux. Kamu bisa memaksi aplikasi ini untuk merekam video ataupun broadcast video ke berbagai situs online secara langsung (live streaming). Antarmuka OBS Studio terbilang cukup sederhana, dan aplikasi ini pula mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan seperti merekam desktop, merekam suara dari internal atau external microphone, atau merekam lewat webcam.

Kelebihan:

Kualitas perekaman video dalam kualitas HD untuk format MP4 dan FLV.

Dapat digunakan untuk streaming di platform YouTube, Twitch, dan lainnya.

Kekurangan:

Agak sulit digunakan untuk pemula dengan UI yang kurang user friendly.

2. TinyTake

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer MangoApps, TinyTake mungkin dapat menjadi sebuah alternatif selanjutnya buat kamu yang mau download aplikasi perekam layar PC gratis, sob. Meski gratis, tapi aplikasi ini disusupi fitur-fitur menarik dan bermanfaat. Mulai dari opsi untuk merekam seluruh layar atau area tertentu saja, zoom in/zoom out, fitur anotasi, dan masih banyak lagi. Tapi sayang, untuk versi gratis dari aplikasi ini kamu hanya bisa merekam layar hingga durasi 5 menit saja sementara untuk versi berbayar hingga 120 menit.

BACA JUGA  Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Permanen Terbaru 2021

Kelebihan:

Tampilan sederhana dan mudah digunakan.

Pengaturan perekaman cukup mudah dan dapat dipahami oleh pemula.

Kekurangan:

Fitur terbatas untuk versi gratis.

Fitur pengaturan audio yang kurang advanced dibanding aplikasi lain.

3. Action!

Aplikasi perekam layar laptop terbaik berikutnya adalah Action!, yang dapat melakukan streaming secara real-time dan merekam video yang sangat baik pada resolusi HD. Fitur esensial seperti merekam video atau suara bisa kamu temui dalam aplikasi Action!, dan fitur unik lainnya pun bisa kamu temukan di aplikasi canggih yang satu ini. Bukan cuma itu terdapat pula fitur untuk mengambil gambar secara cepat (screenshot) yang cocok digunakan bagi kamu yang mau mengambil gambar untuk membuat tutorial. Format yang dihasilkan dari Action! ini adalah MP4 dan AVI sampai bakal cocok nantinya untuk disunting melalui aplikasi editing video, seperti Adobe Premiere Pro, sob.

Kelebihan:

Dapat dipakai untuk perekaman video hingga kualitas HD (1080p) pada format MP4 dan AVI.

Tersedia fitur untuk live streaming langsung ke YouTube atau Facebook.

Ada fitur untuk menambahkan screenshot layar.

Kekurangan:

Belum tersedia untuk pengguna PC atau laptop berbasis macOS dan Linux.

4. WM Capture

Aplikasi berikutnya, terdapat aplikasi WM Capture yang mempunyai kelebihan di mana kamu bisa dengan mudah merekam video pada bagian layar tertentu dan memiliki fitur schedule recording.

Dengan begitu, kamu dapat menjadwalkan kapan layar PC atau laptop memulai rekaman, sob.

So. kamu dapat mengatur dengan mudah supaya aplikasi screen recorder laptop ini berjalan otomatis sehingga kamu enggak perlu repot-repot lagi menekan tombol Record.

Hasil file dari WM Capture bisa disimpan ke dalam format MPEGWMVAVIDVD-ISO, dan lainnya.

BACA JUGA  4 Cara Mudah Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

Kelebihan:

Memiliki fitur schedule recording untuk membuat rekaman layar terjadwal.

Bisa merekam sebagian layar saja.

Punya format output beragam, seperti MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lainnya.

Kekurangan:

Belum bisa digunakan untuk live streaming.

5. XSplit Gamecaster – Aplikasi Perekam Layar PC Untuk Game

XSplit Gamecaster sesuai dengan namanya merupakan salah satu software record game paling mudah dan populer digunakan oleh kebanyakan gamer. Keunggulan aplikasi screen recorder PC gratis satu ini yaitu bisa menawarkan fitur streaming yang dapat diandalkan. XSplit mampu melakukan streaming saat kamu sedang bermain game dengan lancar dan sangat stabil. Kamu bisa mulai merekam dengan menekan satu tombol saja. Kerennya lagi, XSplit akan mengonfigurasi pengaturan yang sesuai dengan laptop yang kamu gunakan. Bukan cuma itu ada juga fitur editing video bawaan, sehingga kamu dapat melakukan perekaman sekaligus penyuntingan dalam aplikasi yang sama, geng. Menarik, kan?

Kelebihan:

Mudah dan praktis digunakan oleh para pemula dengan berbagai pilihan mode yang tersedia.

Terdapat fitur editing video yang bisa langsung digunakan setelah Melakukan rekaman.

Fitur live streaming pada berbagai macam platform online.

Kekurangan:

Hanya tersedia pada platform Windows, tidak ada versi macOS dan Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *