Segera Hapus! 8 Aplikasi Ini Bisa Curi Data Pribadi Kamu

Meskipun saat ini terdapat banyak sekali aplikasi yang tersedia di google Play Store, app store atau bahkan situs download aplikasi lainnya, tidak semua loh aplikasi itu aman, ada juga aplikasi  berbahaya karena mengandung malware yang bisa mencuri data pribadi kamu, penasaran aplikasi aja saja? Yuk kita ulas dibawah.

Malware Joker udah menghantui pengguna Android tiga tahun belakang ini sob. Saat ini terdapat delapan aplikasi Android yang ditemukan membawa malware Joker dan berpotensi mencuri data pribadi pengguna secara diam-diam. Laporan dari laman Quick Heal Security Labs mengatakan delapan aplikasi nakal ini ditemukan di Google Play Store. Tapi untung sob, 8 aplikasi ini sudah dilaporkan ke Google dan telah dihapus dari Play Store.

Malware Joker kabarnya dapat mencuri informasi pribadi dari perangkat korban lewat SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat. Malware ini pula dapat melakukan interaksi dengan situs iklan secara diam-diam. Parahnya lagi, malware ini dapat daftarin korban ke situs berlangganan premium tanpa sepengetahuan mereka. Akibatnya, korban enggak cuma kehilangan data pribadinya tapi juga uangnya. Berdasarkan laporan dari Quick Heal, delapan aplikasi nakal yang membawa malware Joket ini saat pertama kali dibuka akan meminta akses untuk notifikasi. Aplikasi tersebut lalu mengambil data SMS dari notifikasi dan meminta akses kontak.

Ketika aksesnya udah diberikan, aplikasi ini juga akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Aplikasi nakal ini kemudian akan memonitor semua data ini dan berfungsi secara normal tanpa memperlihatkan aktivitas yang mencurigakan. Delapan aplikasi nakal tersebut udah dihapus dari Play Store, akan tetapipengguna yang udah terlanjur download aplikasi berbahaya ini harus untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi ini dari perangkat mereka. Delapan aplikasi yang ketahuan membawa malware Joker yaitu:

– Auxiliary Message

– Fast Magic SMS

– Free CamScanner

– Super Message

– Element Scanner

– Go Messages

– Travel Wallpapers

– Super SMS

Quick Heal berucap malware tersebut umumnya disebarkan di Play Store lewat aplikasi scanner, wallpaper dan messaging. Aplikasi jenis ini juga terkadang cepat populer karena fungsinya yang banyak dicari pengguna. Pengguna Android pula diimbau harus sangat berhati-hati ketika mengunduh aplikasi baru di Play Store, dan cuma mengunduh aplikasi dari developer yang sudah dipercayai.