jelaskan hubungan kedua alat gerak tersebut berdasarkan gambar disamping

jelaskan hubungan kedua alat gerak tersebut berdasarkan gambar disamping

jawaban

Otot ditunjukkan oleh gambar X dan tulang ditunjukkan oleh gambar Y. Otot merupakan alat gerak yang aktif karena bisa menggerakkan tulang, sedangkan tulang merupakan alat gerak yang pasif karena tulang digerakkan oleh otot dan tulang tidak bisa bergerak tanpa otot. Sehingga otot dan tulang satu kesatuan utuh memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat gerak dan tidak bisa dipisahkan.

 

Pembahasan

Tulang memainkan peranan utama dalam sistem gerak manusia dan hewan. Fungsi utama tulang adalah seperti berikut.

  1. Memberi bentuk kepada badan dan menyokong badan.
  2. Melindungi organ dalam, contohnya: tulang rusuk melindungi jantung serta paru-paru dan tengkorak melindungi otak.
  3. Sebagai tempat melekatnya otot.
  4. Sebagai tempat pembentukan sel darah.

Tanpa otot, makhluk hidup tidak akan bisa bergerak. Gerakan disebabkan oleh kerja otot. Otot merupakan jaringan yang dapat berkontraksi. Selama kontraksi, otot memendek dan memanjang. Ketika otot-otot relaksasi, otot meregang. Proses kontraksi menyebabkan bagian-bagian tubuh bergerak. Ada otot yang bekerja di bawah tingkat kesadaran dan otot yang bekerja tanpa disadari.

Otot yang bekerja secara sadar adalah otot yang kerjanya dapat dikontrol. Prinsip kerja otot ini adalah dapat dikendalikan, artinya dapat mengontrol otot apakah bergerak atau tidak. Misalnya, secara sadar membangun otot saat makan, menulis, berlari, dan lain-lain.

Otot yang bertindak secara tidak sadar adalah otot yang tindakannya tidak dapat dikendalikan. Prinsip kerja otot ini adalah tidak dapat dikendalikan, artinya tidak dapat mengontrol otot untuk bergerak atau tidak. Misalnya, otot pada jantung, otot pada lambung, otot pada mata, dan lain-lain.

Tinggalkan komentar