mengayunkan lengan ke depan lalu ke belakang secara terus-menerus merupakan contoh gerakan

mengayunkan lengan ke depan lalu ke belakang secara terus-menerus merupakan contoh gerakan

jawaban

Pola gerak dominan dalam aktivitas senam yang dilakukan dengan mengayunkan lengan secara terus menerus ke arah depan dan belakang adalah (D) gerakan berayun.

Pembahasan

Pilihan (D) benar karena gerakan berayun adalah pola gerak dominan dalam aktivitas senam yang dilakukan dengan mengayunkan lengan ke arah depan dan belakang secara terus menerus sehingga badan akan mengikuti arah gerak dari lengan tersebut. Gerakan berayun ini juga akan dilakukan beriringan dengan gerakan bergantung karena gerakan berayun ini akan dilakukan dengan bergantung pada palang tunggal.

Pilihan (A), (B), dan (C) salah karena:

  • Pilihan (A): gerakan berputar adalah salah satu pola gerak dominan dalam senam yang dilakukan dengan memutar tubuh ke arah tertentu dengan menggunakan salah satu anggota tubuh sebagai poros. Gerakan berputar ini juga seringkali dipadukan dengan gerakan melompat.
  • Pilihan (B): gerakan bertumpu adalah salah satu pola gerak dominan dalam senam yang dilakukan dengan memindahkan kekuatan tubuh ke salah satu anggota tubuh dengan titik keseimbangan yang berada di bawah bahu tubuh. Gerakan bertumpu juga termasuk dalam gerak statik dalam pola gerak dominan.
  • Pilihan (C): gerakan bergantung adalah salah satu jenis dari pola gerak dominan dalam senam yang termasuk dalam gerak statik yang tidak membuat tubuh berpindah tempat. Gerak bergantung ini dilakukan dengan memindahkan titik keseimbangan tubuh kepada tumpuan yang berada di atas bahu.