ciri sistem kepercayaan yang berlaku di masyarakat adalah

ciri sistem kepercayaan yang berlaku di masyarakat adalah

A. mengacu pada hal-hal yang bersifat transenden
B. membebaskan penganutnya untuk bersikap tanpa aturan
C. dapat berlaku meski hanya disepakati oleh sebagian masyarakat
D. tidak berkaitan langsung dengan tempat yang ditinggali penganut kepercayaan
E. aturan kepercayaan yang dilanggar tidak berdampak signifikan

jawaban

Berikut ini yang menjadi ciri sistem kepercayaan berlaku di masyarakat adalah (A) Mengacu pada hal-hal yang bersifat transenden.

 

Penjelasan:

Berikut di bawah ini adalah penjelasan jawaban dari soal pilihan ganda di atas materi tentang ciri sistem kepercayaan pada masyarakat.

  • Pada opsi jawaban (A) yaitu mengacu pada hal-hal yang bersifat transenden merupakan jawaban yang tepat karena transenden merupakan suatu pola pikir atau cara berpikir tentang hal-hal yang melampaui apa yang dapat terlihat oleh mata manusia, yang dapat ditemukan di alam semesta. Sebagai contohnya adalah tentang adanya pemikiran yang mempelajari sifat Tuhan padahal sifat Tuhan adalah sifat yang dianggap begitu jauh, berjarak dan mustahil dipahami manusia.
  • Pada opsi jawaban (B) yaitu membebaskan penganutnya untuk bersikap tanpa aturan bukan merupakan jawaban yang tepat karena pada intinya kepercayaan pada masyarakat merupakan pola berpikir yang biasanya berada di luar nalar manusia serta lebih kepada pemikiran yang sifatnya masih jauh, mustahil dan berjarak ada pola pikir seorang manusia terhadap Tuhannya.
  • Pada opsi jawaban (C) yaitu dapat berlaku meski hanya disepakati oleh sebagian masyarakat bukan merupakan jawaban yang tepat karena pada intinya kepercayaan pada masyarakat merupakan pola berpikir yang biasanya berada di luar nalar manusia serta lebih kepada pemikiran yang sifatnya masih jauh, mustahil dan berjarak ada pola pikir seorang manusia terhadap Tuhannya.
  • Pada opsi jawaban (D) yaitu tidak berkaitan langsung dengan tempat yang ditinggali penganut kepercayaan bukan merupakan jawaban yang tepat karena pada intinya kepercayaan pada masyarakat merupakan pola berpikir yang biasanya berada di luar nalar manusia serta lebih kepada pemikiran yang sifatnya masih jauh, mustahil dan berjarak ada pola pikir seorang manusia terhadap Tuhannya.
  • Pada opsi jawaban (E) yaitu aturan kepercayaan yang dilanggar tidak berdampak signifikan bukan merupakan jawaban yang tepat karena pada intinya kepercayaan pada masyarakat merupakan pola berpikir yang biasanya berada di luar nalar manusia serta lebih kepada pemikiran yang sifatnya masih jauh, mustahil dan berjarak ada pola pikir seorang manusia terhadap Tuhannya.