Nama-Nama Bulan Hijriah

Hello Sobat Teknohits, kali ini kita akan membahas mengenai nama-nama bulan Hijriah. Seperti yang kita ketahui, Islam menggunakan kalender Hijriah sebagai patokan dalam menentukan tanggal-tanggal penting, termasuk di dalamnya bulan-bulan Hijriah. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai nama-nama bulan Hijriah.

1. Muharram

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘haram’ atau suci. Di dalam bulan ini terdapat peringatan penting yakni peringatan Asyura, yaitu Hari Besar Islam yang memperingati terbunuhnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali.

2. Safar

Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘kosong’ atau ‘berangkat’. Di dalam bulan ini terdapat peringatan penting yakni peringatan Arba’in, yaitu Hari Keempat Puluh setelah terbunuhnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husain bin Ali.

3. Rabiul Awal

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘musim semi pertama’. Di dalam bulan ini terdapat peringatan penting yakni peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu Hari Lahirnya Nabi Muhammad SAW.

4. Rabiul Akhir

Rabiul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘musim semi terakhir’. Di dalam bulan ini tidak terdapat peringatan penting.

5. Jumadil Awal

Jumadil Awal adalah bulan kelima dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘jumadil pertama’. Di dalam bulan ini tidak terdapat peringatan penting.

6. Jumadil Akhir

Jumadil Akhir adalah bulan keenam dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘jumadil terakhir’. Di dalam bulan ini tidak terdapat peringatan penting.

7. Rajab

Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘menarik’ atau ‘menghormati’. Di dalam bulan ini terdapat peringatan penting yakni peringatan Isra’ Mi’raj, yaitu perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Yerusalem dan dilanjutkan ke langit untuk melaksanakan salat bersama para nabi.

8. Sya’ban

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘cabang’. Di dalam bulan ini tidak terdapat peringatan penting.

9. Ramadhan

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘panas’. Di dalam bulan ini terdapat peringatan penting yakni peringatan bulan puasa, yaitu bulan di mana umat Islam berpuasa selama sebulan penuh.

10. Syawwal

Syawwal adalah bulan kesepuluh dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘mengangkut’. Di dalam bulan ini terdapat peringatan penting yakni peringatan Idul Fitri, yaitu hari besar umat Islam yang dirayakan sebagai hari kemenangan sesudah sebulan lamanya berpuasa.

11. Dzulqa’dah

Dzulqa’dah adalah bulan sebelas dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘siapa yang dapat menolong’. Di dalam bulan ini tidak terdapat peringatan penting.

12. Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam kalender Hijriah. Bulan ini memiliki arti ‘bulan haji’. Di dalam bulan ini terdapat peringatan penting yakni peringatan Idul Adha, yaitu hari raya umat Islam yang dirayakan sebagai hari kurban atau hari raya haji.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa nama bulan Hijriah beserta artinya. Meskipun setiap bulan tidak memiliki peringatan penting, namun setiap bulan dalam kalender Hijriah memiliki makna tersendiri bagi umat Islam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Teknohits dalam memperluas pengetahuan mengenai Islam dan kalender Hijriah. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Nama-Nama Bulan Hijriah