Niat Sholat Jenazah Perempuan

Assalamu’alaikum Sobat Teknohits

Saat seseorang meninggal dunia, ada satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya, yaitu menunaikan sholat jenazah. Sholat jenazah merupakan salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Dalam sholat jenazah, terdapat niat yang harus dibaca sebelum melaksanakan sholat. Bagi perempuan, niat sholat jenazah perempuan harus dibaca dengan benar agar sholat jenazah yang dilakukan sah dan diterima Allah SWT.

Sebelum membaca niat sholat jenazah perempuan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang syarat dan rukun sholat jenazah. Sholat jenazah merupakan sholat fardhu kifayah, artinya jika sudah ada sebagian orang yang melaksanakan sholat jenazah, maka kewajiban untuk melaksanakannya tidak berlaku lagi bagi yang lain. Rukun sholat jenazah terdiri dari takbir empat kali, membaca doa iftitah, membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW, membaca doa untuk jenazah, dan salam dua kali.

Syarat sah sholat jenazah terdiri dari jenazah harus murni muslim, jenazah harus telanjang, dan jenazah tidak boleh ditutupi dengan kain yang banyak. Setelah mengetahui syarat dan rukun sholat jenazah, kini saatnya kita membaca niat sholat jenazah perempuan.

Niat sholat jenazah perempuan adalah sebagai berikut:

“Aku niat sholat jenazah mayat ini empat takbir karena Allah ta’ala.”

Niat sholat jenazah perempuan harus dibaca dengan benar dan jelas. Niat tersebut harus dilafalkan sebelum takbir pertama dan tidak boleh diulang-ulang.

Selain niat sholat jenazah perempuan, ada juga doa yang harus dibaca pada sholat jenazah. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

“Allahumma’ghfir lahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu wa’akrim nuzulahu wa wassi’ mudkhalahu waghsilhu bilma’i wats-tsayyib walbaradi wanaqqihi minal khathayaa kama yunaqqats-thawbul abyadu minad danas. Allahumma abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zawjan khairan min zawjihi. Wa adkhilhul jannah wa a’izhu min ‘adhabi qabri wa ‘adhabi nari.”

Doa tersebut dapat dibaca setelah takbir kedua sebelum membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW. Doa tersebut harus dilafalkan dengan jelas dan benar agar sholat jenazah yang dilakukan sah dan diterima Allah SWT.

Demikianlah penjelasan mengenai niat sholat jenazah perempuan. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat Teknohits dalam menunaikan sholat jenazah dengan benar. Ingatlah selalu untuk membaca niat dan doa dengan jelas dan benar agar sholat jenazah yang dilakukan sah dan diterima Allah SWT.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Niat Sholat Jenazah Perempuan