Apakah Akurat Tes Buta Warna Secara Online?

Apakah Akurat Tes Buta Warna Secara Online?

Penyakit buta warna yaitu ketidakmampuan untuk memahami warna secara normal atau melihat perbedaan antara warna-warna tertentu. Istilah buta warna sebetulnya melihat pada kondisi saat penglihatan seseorang semuanya dalam nuansa hitam dan putih tetapi kondisi ini jarang terjadi.

Pada yang seharusnya, penyakit dibedakan menjadi dua, yaitu buta warna sebagian alias buta warna parsial yang buat pengidapnya tak dapat bedakan warna tertentu dan ada juga buta warna total, yaitu tak dapat melihat warna sama sekali. Uniknya, banyak pengidap buta warna yang gak menyadari bahwa dirinya mengalami gangguan ini.

Tes buta warna penting untuk kamu lakukan, terutama pada anak-anak. Hal tersebut tujuannya untuk memastikan ada atau tidak kelainan buta warna pada anak. Dengan ini, orangtua mempunyai bekal yang dibutuhkan untuk menentukan tindakan yang perlu diambil untuk mengatasinya, hingga dalam merencanakan masa depan Si Kecil.

 

Apakah Akurat Tes Buta Warna Secara Online?

 

Faktanya, hasil dari tes buta warna secara online agak diragukan keakuratannya. Hal tersebut karena setiap tampilan layar, baik itu di PC maupun smartphone, mempunyai sedikit variasi dalam hal mereproduksi warna. Bukan cuma itu, warna yang ditampilkan pun tergantung pada pengaturan tampilan layar masing-masing. Saat memakai tes fisik, masalah itu tak akan ada, sebabnya tes fisik akan mencerminkan dan mewakili warna yang sama.

So, untuk memperoleh hasil tes buta warna yang akurat, pergilah ke dokter mata lalu lakukan tes buta warna yang diberikan oleh profesional yang terlatih, yang menggunakan bahan pengujian standar di bawah pencahayaan yang tepat.

Untuk bisa mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna atau menguji kemampuan seseorang untuk membedakan warna secara akurat, diperlukan tes buta warna kuantitatif. Tes buta warna kuantitatif yang paling populer adalah Tes Farnsworth-Munsell 100 Hue.

Baca Juga  4 Situs Tes Buta Warna Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Pada tes tersebut, kamu akan diberikan empat baki yang berisi banyak disk kecil dengan beragam corak. Setiap baki mempunyai disk referensi berwarna di salah satu ujung. Lalu, kamu yang diuji harus mengatur disk lain di dalam baki untuk membuat gradasi warna secara bertahap.

Untuk hasil yang akurat, Tes Farnsworth-Munsell 100 Hue harus kamu lakukan di tempat yang memiliki cahaya yang paling mendekati dengan cahaya alami. Disk berwarna juga wajib diganti setidaknya setiap dua tahun sekali untuk mencegah hilangnya saturasi warna yang dapat memengaruhi hasil.