Apa Itu HDC? Apa Perbedaannya Dengan Replika, Palsu & Refurbish?

Seiring perkembangan teknologi banyak bermunculan smartphone replika yang hadir cukup lama dan tentunya memiliki pasar tersendiri memang untuk pengguna yang tidak memikirkan hal tersebut.

Saat ini smartphone replika telah terdapat pada berbagai kualitas dan harga yang berbeda beda, karena saat ini ponsel replika mempunyai banyak sekali variasi. salah satu dan beberapa ponsel replika yang bisa kamu temukan di Indonesia yaitu replika HDC untuk iPhone atau Samsung Galaxy.

Jadi. untuk kamu yang belum paham betul mengenai apa itu HDC? apakah kamu beranggapan HDC sama dengan label DoCoMo? Yuk semuanya kita ulas bersama berikut ini.

Apa Itu HDC iPhone Atau Samsung

HDC meraup sebuah produsen smartphone yang secara khusus menawarkan barang replika atau tiruan super copy dengan tingkat kemiripan yang terdapat di bagian desain yang sangat akurat bila dibandingkan aslinya. HDC iPhone mengartikan bahwa “iPhone” itu dibikin oleh HDC sehingga bukan asli dari Apple.

Dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah, HDC memberikan sebuah pengalaman seperti memegang smartphone kelas premium. Kamu dapat mempunyai smartphone mirip iPhone atau Galaxy kelas flagship keluaran terbaru dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan saja dimana versi asli dapat mencapai lebih dari Rp 8 jutaan.

Hal ini tentunya jadi sebuah daya tarik utama kamu yang membeli smartphone HDC sebab ebggak sedikit yang suka dengan salah satu desain premium dari smartphone kelas atas, akan tetapi enggak mau merogoh kocek sebanyak itu.

Cara Membedakan HDC dan Asli

Smartphone buatan HDC memang perlu diakui memiliki sebuah tampilan yang sangat mirip sekali, baik sisi desain luar maupun sistem operasinya. Untuk kamu orang awam pasti akan sangat kesulitan untuk membedakan antara smartphone HDC dan asli sebab hampir semua bagian dibuat semirip mungkin.

Baik iPhone maupun Samsung, sebagai jajaran paling populernya, mempunyai sebuah tampilan antarmuka yang sangat mirip sekali. Bahkan sampai App Store di iPhone ataupun fitur Bixby di Galaxy Series pun dibuat semirip mungkin.

Menariknya, iPhone HDC akan cukup sulit dibandingkan dengan versi asli bila kamu belum pernah memakai perangkat buatan Apple tersebut. Tampilan App Store di iPhone HDC memang serupa saat dilihat secara sekilas, Akan tetapi itu sebetulnya apliekasi buatan HDC sendiri yang terhubung ke Google Play Store.

Sementara untuk HDC Samsung pula enggak kalah sulitnya sebab memang pada dasarnya menggunakan sistem operasi Android pula. Satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu harus membandingkannya dengan versi asli melalui gambar di internet karena akan muncul sedikit perbedaan karena teknologi yang digunakan tidak secanggih aslinya.

Maka dari itu selalu pastikan kembali spesifikasi yang dipunyai sudah sesuai dengan apa yang dimiliki oleh aslinya, entah itu melihat video review atau lainnya. Terdapat baiknya oula untuk selalu membeli smartphone di toko resmi untuk menghindari kesalahan membeli atau tertipu.

Akan tetapi untuk kamu yang memang sedang mencari smartphone replika, maka HDC enggak ada salahnya untuk dicoba. Walau begitu kamu kudu selalu berhati-hati karena pastinya tidak 100% terjamin seperti versi asli.

Kelemahan Smartphone HDC

Pastinya akan selalu ada kelemahan pada smartphone replika, baik itu HDC iPhone ataupun Samsung. Salah satu yang paling utama tentunya dukungan jangka panjang yang akan kamu dapatkan nantinya. Jarang sekali smartphone replika mendapatkan pembaruan sistem operasi yang cukup penting seperti soal menambal celah keamanan hingga penambahan fitur baru.

Smartphone HDC juga dipastikan tidak akan memiliki fitur-fitur terbaru baik itu dari sisi software maupun lainnya. Contohnya saja pada iPhone memiliki fitur 3D Touch yang tidak mungkin direplika karena membutuhkan biaya lebih mahal.

Belum lagi smartphone HDC juga tidak dapat dipastikan bagaimana jaminan kualitas untuk setiap produk yang dikeluarkan sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada banyak error atau permasalahan lain yang akan menghantui penggunaan sehari-hari.