Cara Mudah Mengatasi Headset Tak Terdeteksi Laptop

Cara Mudah Mengatasi Headset Tak Terdeteksi Laptop

Hallo guys, kali ini teknohits akan berbagi info mengenai cara mudah mengatasi headset yang tak terdeteksi di laptop, tentunya informasi sangat berguna untuk kamu yang mengalami masalah tersebut dan masih belum tahu apa penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Kamu tentu merasa kesal bila headset yang baru saja kamu beli ternyata tak dikenali oleh komputer. Saat USB headset dicolokkan, muncul notifikasi USB Not Recognized. Tentu saja, hal tersebut akan membuat headset kamu enggak bisa digunakan.

Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki permasalahan headset tak dapat berfungsi dengan baik atau gak terdeksi di PC / laptop, tak usah terburu buru langsung mengganti headset atau laptopnya, ya. Teknohits akan memberikan cara mengatasi headset tak terdeksi di laptop dengan mudah. Mau tahu caranya? Simak ulasannya di artikel ini sampai akhir ya, bro!

 

1. Scan for Hardware Changes

Jangan buru-buru untuk mengambil kesimpulan headset rusak atau laptop rusak, cara mengatasi headset tak terdeteksi di laptop bisa dilakukan dengan cara scan for hardware changes. Guna dari cara ini adalah, laptop akan memindai hardware apa saja yang mengalami perubahan. Nih, mungkin soundcard yang ada pada laptop kamu ada perubahan sehingga gak dapat mendeteksi headset.

Untuk melakukan scan for hardware changes sangat mudah dan tak perlu dilakukan oleh seorang yang profesional. Kamu dapat melakukannya sendiri dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

 

Langkah 1 – Buka Device Manager

Buka menu Device Manager dengan cara klik Windows + X pada keyboard laptop.

Baca Juga  Tips dan Cara Belajar Komputer untuk Pemula Mudah dan Gak Ribet

Langkah 2 – Klik sound

Setelah klik device managaer, kamu bisa langsung klik sound, video and game controllers.

Langkah 3 – Klik scan for hardware changes

Jika headset masih gagal terdeksi di laptop, cobalah pilih dan klik scan for hardware changes.

Langkah 4 – Refresh

Yang terakhir, kamu cuma perlu menutup jendela device manager tadi dan coba refresh. Kalau perlu, cobalah untuk restart laptop kamu.

 

2. Update Driver Software

Cara mengatasi headset tak terdeteksi di laptop dengan scan for hardware changes masih gak membantu? Kamu bisa mencoba cara lain, bro. Jika begitu, kamu bisa coba lakukan pembaruan pada driver software. Mungkin saja headset terbaik yang kamu punya tidak berfungsi di laptop karena belum di-update oleh kamu.

Maka dari itulah, coba untuk melakukan update driver software dengan beberapa langkah yang akan Jaka berikan berikut ini.

Buka menu Device Manager seperti cara sebelumnya.

Pilihlah menu sound, video and game controllers.

Selanjutnya, kamu dapat langsung klik pada pilihan update driver software.

Pada langkah ini pastikan bahwa kamu terkoneksi dengan internet karena di langkah keempat ini laptop akan melakukan pencarian otomatis untuk update software sound kamu. Jika sudah selesai maka langkah terakhir adalah melakukan restart pada laptop.