Cara Cek Password Wifi yang Lupa di Hp dan Laptop Paling Akurat

Koneksi internet memegang peran sangat penting bagi kehidupan sehari-hari di jaman seperti sekarang. Salah satu jenis koneksi internet yang paling sering diandalkan adalah WiFi. Anda bisa dengan mudah bekerja, mencari hiburan dan mengupdate berita terkini dari gadget. Sering lupa password sendiri? Silahkan simak beberapa cara cek password WiFi berikut.

Wajib diketahui apabila Anda sering mengganti password router guna membatasi pengguna. Biasa dilakukan oleh pemilik cafe atau warung yang menawarkan layanan WiFi gratis. Sebagai langkah antisipasi ketika lupa, simak yuk pembahasan berikut.

Beberapa Cara Cek Password Wifi yang Mudah dan Akurat 

Cara Cek Password Wifi
Sumber gambar: zionteam

Ini dia opsi untuk mengetahui kembali password yang telah lupa beserta bagaimana cara untuk melakukannya.

  1. Cek Password WiFi yang Lupa di Android

Hp android dikenal sebagai gadget canggih yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah melihat password WiFi. Jika kata sandi pada jaringan wifi yang sudah pernah digunakan lupa, maka bisa melakukan langkah pemulihan dengan mudah.

Cara cek password wifi menggunakannya bisa dengan tambahan aplikasi. Salah satunya yaitu Wifi Password Recovery. Aplikasi ini bisa membuka riwayat dari beragam koneksi yang pernah disambungkan disertai dengan rangkaian karakter yang hendak diketahui.

Pengguna juga bisa memakai dukungan dari “Wifi Master Key” sebuah layanan untuk secara langsung menyambungkannya dengan jaringan terkait. Pastikan bahwa sebelumnya telah melakukan penyambungan terhadap jaringan tersebut.

Opsi lain adalah memakai ES File Explorer. Anda bisa menggunakannya untuk mengetahui password WiFi yang tersimpan di android karena pada dasarnya informasi tersebut berupa data. Pertama, Anda perlu memasang aplikasi ES File Explorer.

Buka aplikasi, masuk ke kategori system dan direktori Data/Misc/WiFi. Setelah itu, cari file bernama WPA_Supplicant.conf. Buka file tadi menggunakan HTML Viewer atau Text Viewer (aplikasi default di semua hp). Nah, didalam file tersebut akan muncul nama jaringan WiFi dan passwordnya.

  1. Melihat Password WiFi di Laptop

Hal ini bisa dilakukan dengan cukup mudah karena pengguna hanya perlu membuka pengaturan jaringan pada laptop miliknya. Bisa melalui pengaturan ataupun ikon yang terletak di bawah bagian kanan. Jika sudah, maka akan muncul keterangan koneksi yang yang saat ini disambungkan. Ya, untuk melakukannya maka perlu menyambungkannya terlebih dahulu.

Setelah itu pilih saja menu wireless properties yang nantinya akan memunculkan beragam informasi. Terdapat setidaknya dua menu, yaitu koneksi serta keamanan. Pilihlah yang kedua maka kata sandi yang dimaksud bisa terpampang pada layar laptop.

  1. Mengetahui Password WiFi di iPhone

iPhone adalah ponsel andalan bagi sebagian orang, selain android. Anda juga bisa lho mengecek kata sandi WiFi yang lupa dari iPhone. Namun, diperlukan sambungan dengan perangkat desktop merk Apple juga. Setelah itu, hanya perlu membuka menu pengaturan di iPhone.

Setelah itu, pilih aplikasi penyimpanan elektronik khasnya, yakni icloud. Cara cek password wifi setelah itu dengan membuka rantai kuncinya pada ponsel serta laptop. Jika sudah selesai, maka pilih jaringan mana dan rangkaian karakter pun akan muncul.

  1. Cek Password WiFi Indihome

Cara Cek Password Wifi
Sumber gambar : paket IndiHome

Nah, bagi Anda pelanggan setia Indihome maka bisa mengikuti tutorial berikut. Yang Anda butuhkan adalah laptop, maka permasalahan bisa segera beres. Langsung ikuti langkah demi langkah berikut:

Pertama, buka browser di laptop atau PC. Kunjungi alamat 192.168.1.254 atau 192.168.1.1

Kemudian login dengan password dan username default admin

Setelah itu, pilih menu Interface Setup dan Wirelles

Perhatikan opsi WPA2-PSK, cek password WiFi Indihome Anda di bagian Pre-Shared Key 

Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara cek password wifi jika sewaktu-waktu lupa. Silahkan pilih sendiri metode mana yang sekiranya mudah Anda lakukan.