cara cek tipe hp android
Gambar : detik.com

Cara Cek Tipe Hp Android Semua Merk Termudah 2021

Hp adalah kebutuhan utama semua orang untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari fotografi, komunikasi, bermain game dan lain-lain. Ini mendorong pabrikan smartphone berlomba-lomba menciptakan berbagai macam tipe hp. Kira-kira, sudah tahu belum cara cek tipe hp sendiri? Jika belum, silahkan disimak baik-baik pembahasan berikut.

Dengan mengetahui tipe hp, maka mudah untuk mencari informasi tentang spesifikasinya. Penting diketahui ketika membeli ponsel second dan pembeli tidak memberi dusbook. Bisa juga untuk kebutuhan lain.

Anda bisa melihat tipe hp dengan bantuan aplikasi pihak ke-tiga dan tanpa aplikasi. Tutorial dibawah berlaku untuk hp Xiaomi, Samsung, Asus, Oppo, Vivo dan lain-lain.

 

Cara Cek Tipe Hp Dengan Mudah Anti Ribet

  1. Aplikasi pihak ketiga CPU-Z

Cek tipe Hp selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu CPU-Z. sistem yang satu ini mampu mengidentifikasi detail Hp Anda. Tidak anya kapasitas RAM dan tipenya saja. tapi juga hardware dan sensor Hp android. Sehingga Anda pun bisa tahu bagaimana karakteristik smartphone yang Anda gunakan.

CPU-Z merupakan sebuah aplikasi yang bisa Anda dapatkan melalui apps store maupun google play. Setelah itu Anda bisa klik ikon yang ada. Secara otomatis CPU-Z akan mendeteksi tipe Hp Anda. Mulai dari spek, sensor, kualitas dan masih banyak lagi.

  1. Mengetahui Tipe Hp di Menu Pengaturan

Cara cek tipe Hp yang paling mudah adalah dengan mengecek di bagian menu pengaturan. Sebab disitulah Anda dapat melihat karakteristik dan informasi terkait teknologi tersebut. Apalagi untuk Anda yang biasa menyimpan file besar di smartphone. Pada pengaturan terdapat besarnya RAM, memori internal, serta sistem operasi apa yang ada di Hp tersebut.

Baca Juga  Cara Melihat Bit Laptop Windows Secara Mudah dan Akurat

Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan yang ada di menu Hp Anda
  • Scroll dari atas ke bawah dan temukan poin Tentang Ponsel atau About Phone
  • Selanjutnya akan muncul berbagai informasi terkait Hp tersebut, mulai dari kapasitas RAM, tipe Hp, versi, CPU, dan lain sebagainya
  1. Cek menggunakan nomor IMEI

Perlu Anda ketahui bahwa setiap produksi telepon pasti memiliki nomor IMEI. Nomor ini merupakan identitas dari Hp tersebut. Pasalnya dari Hp satu dan Hp lainnya pasti memiliki nomo IMEI yang berbeda meskipun baik tipe maupun merknya sama.

Untuk itu nomor IMEI juga bisa digunakan untuk cek tipe Hp Anda. Nomor IMEI diketahui dapat mengidentifikasi berbagai detail HP. Mulai dari produksi, tempat penjualan, melacak Hp, atau memblokir Hp tersebut.

Untuk mengetahui nomor IMEI dari Hp Anda bisa cek di deskripsi box atau tekan *#06#* lalu klik ikon telepon. Setelah itu akan muncul beberapa digit nomor IMEI, Anda bisa menyimpanya. Untuk cara cek tipe Hp menggunakan nomor IMEI Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Langkah pertama adalah dengan mengcopy nomor IMEI yang telah berhasi diketahui dengan cara yang sudah dipaparkan sebelumnya
  • Kunjungi link http://imei.info/Anda bisa copy link tersebut ke Browser atau situs pencarian lainnya
  • Kemudian akan muncul kotak untuk memasukkan nomor IMEI Hp tersebut. Langsung saja Anda salin nomor IMEI pada kotak yang telah tersedia
  • Jika ada tulisan I’m Not Robot Anda bisa langsung klik di bagian kotak opsinya. Setelah itu, Anda bisa langsung klik pada kolom Check untuk mengetahui deskripsi Hp  tersebut
  • Tunggu beberapa saat, lalu akan muncul berbagai informasi terkait Hp tersebut.
Baca Juga  Cara Melihat Core Laptop Windows 10 Terbaru 2021

Beberapa cara cek tipe Hp di atas bisa langsung Anda terapkan saat ini juga. Dengan mudah Anda pun bisa memilih Hp Android tanpa takut lemot ketika harus menyimpan banyak file. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau langsung menggunakan  menu pengaturan dan nomor IMEI.