Wifi Tak Mau Tersambung Ke Smartphone? Lakukan Cara Mudah Ini

Wifi Tak Mau Tersambung Ke Smartphone? Lakukan Cara Mudah Ini

Jika berbicara mengenai Smartphone, tentu pada saat ini semua orang memiliki barang elektronik tersebut, karena kecanggihan didalamnya, Smartphone bisa membantu pekerjaan sehari hari. Namun, jika kamu hanya mempunyai Smartphone dan tidak ada akses internet itu percuma saja loh, karena hampir semua fitur yang ada di Smartphone tersebut harus berbarengan dengan diaktifkannya akses internet di dalam perangkat.

Jika kuota internet habis, para pengguna biasanya memakai wifi untuk berselancar kembali di internet, namun ternyata banyak yang merasa kesulitan loh ketika menghubungkan perangkat Smartphone ke wifi, karena kadang wifi error dan tidak tersambung. Untuk mengatasi masalah tersebut, yuk ikuti langkah langkah dibawah ini.

Pertama, mengaktifkan mode pesawat selama beberapa detik, matikan, dan periksa kembali koneksi Anda. Anda harus menonaktifkan dan mengaktifkan kembali koneksi dengan cara membuka pengaturan cepat dengan menggeser ke bawah dari bagian atas layar dan pilih ikon Wi-Fi untuk menonaktifkannya. Jika menu drop-down tidak menawarkan ikon ini, buka aplikasi, buka Pengaturan dan buka dari sana. Lakukan hal yang sama dengan Wi-Fi rumah Anda dengan cara matikan dan tunggu hingga dua menit lalu hidupkan lagi.

Kedua, Anda belum mengaktifkan Keep Wi-Fi selama opsi tidur. Pengaturan ini secara otomatis memutus perangkat Anda dari jaringan Wi-Fi untuk menghemat baterai. Untuk mengubahnya adalah dengan pergi ke menu pengaturan, pilih Wi-Fi, tekan tiga titik di bagian bawah layar atau Configure (jika tersedia), selalu aktifkan Wi-Fi selama mode tidur dan pilih Ya.

Ketiga, Akses jaringan yang tersembunyi. Ada dua hal yang membatasi akses otomatis ke jaringan yaitu jaringan yang ingin Anda sambungkan milik jenis tertentu atau jaringan disembunyikan karena alasan keamanan. Mengenai masalah pertama, sebagian besar ponsel Android tidak dikonfigurasi untuk bekerja di jaringan ad-hoc. Tetapi forum pengembang XDA berhasil membuat patch untuk melewati batasan ini. Dengan file patch wpa_supplicant, Anda dapat terhubung ke jenis jaringan ini.

Baca Juga  Cara Mengetahui Password WiFi di Android yang Telah Terhubung

Jika masalah terkait dengan jaringan tersembunyi, Anda dapat mencoba menambahkannya secara manual. Buka Pengaturan lalu opsi Wi-Fi dan pilih tambah jaringan. Masukkan SSID dan kata sandi yang benar, dan Anda dapat menggunakannya dengan lancer. Keempat, ini karena masalah alamat IP. Memang terkadang Wi-Fi tidak berfungsi karena gagal menjalankan proses ini. Jika Android Anda tidak dapat terhubung ke jaringan, pertama-tama reboot Wi-Fi. Jika masalah berlanjut, lakukan pengaturan ulang pabrik. Jika tidak terjadi perubahan, Anda dapat mengunjungi Google Play Store dan mengunduh fix wifi (dengan asumsi Anda memiliki data seluler).

Aplikasi ini memulihkan file sistem Wi-Fi dan beberapa layanan penting untuk berfungsinya jaringan. Fix wifi akan mengurus perangkat Anda saat mencoba mendapatkan alamat IP. Ini adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan.