Tak Bisa Putar Video Di Android? Begini Cara Mengatasinya

Meskipun sudah dirancang sedemikian rupa dan disematkan teknologi yang sangat canggih, namun smartphone android tak luput dari kelemahan, terkadang masalah akan terjadi yang menyebabkan kinerja Perangkat Android berubah secara tak terduga.

Salah satu masalah yang sering terjadi di perangkat Android adalah ketika kita tidak bisa memutar video bahkan sudah bisa diputar namun audionya tidak muncul, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kebanyakan kasus yang sudah terjadi, masalah tersebut dapat terjadi karena codec file media yang tidak didukung pemutar media di smartphone. Alasan lain yang mungkin jadi penyebabnya adalah codec audio tidak didukung.

 

Maka dari Itu Inilah Cara Untuk mengatasi tak bis memutar video di android

 

1. Gunakan VLC untuk Android

Gunakan VLC untuk Android
Sumber gambar: wikihow

VLC adalah salah satu software pemutar video di PC yang bisa kamu diandalkan. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi VLC Android. Ini mencakup semua codec tanpa perlu unduhan tambahan.

Aplikasi ini juga memberikan dukungan untuk video terkompresi DivX dan XviD, serta berbagai format – MKV, MP4, AVI, MOV, Ogg, FLAC, TS, M2TS, Wv dan AAC. Bagi kamu yang suka menonton film atau anime asing akan senang mengetahui bahwa VLC juga mendukung audio multitrack dan subtitle.

 

2. Gunakan MX Player

Gunakan MX Player
Sumber gambar: nguip

Aplikasi ini merupakan pemutar media Android yang ringan dan mudah digunakan. Sama seperti VLC, MX Player mendukung banyak file dari .avi, mpeg, mp4, wmv, divx, xvid, dan lainnya. Selain itu aplikasi ini juga mendukung berbagai format subtitle, termasuk .txt, .sub, .srt, .idx, dan sebagainya.

Ini juga menawarkan kontrol gerakan, seperti mengurangi kecerahan, menggulir ke belakang dan ke depan untuk memindahkan teks subtitle, serta banyak lagi. Sayangnya, antarmuka aplikasi ini cukup mendasar, tetapi itu mungkin menarik bagi sebagian orang.