Ini Dia Alat untuk Menghubungkan ke Internet yang Perlu Diketahui

Kamu pengguna aktif internet? Jika iya, kamu menggunakan media apa agar terhubung dengan internet?

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Mungkin alat tersebut sudah lazim didengar dan temukan. Akan tetapi, kalian juga harus mengetahui arti dan fungsi dari alat dan hardware pada perangkat kamu.

Oleh karena itu mari simak hal di bawah ini. Admin ingin menjelaskan sedikit tentang komponen-komponen agar bisa tersambung ke internet.

Alat untuk Menghubungkan ke Internet

Alat untuk Menghubungkan ke Internet
Sumber gambar: nyontex.com

Alat untuk menghubungkan ke internet yang umum digunakan oleh masyarakat luas adalah modem. Modem sendiri merupakan salah satu perangkat keras atau hardware yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan ke jaringan internet.

Modem atau modulator demulator ini juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain dalam jarak jauh. Terdapat 2 proses utama dalam modem yaitu modulasi dan demodulasi.

Modulasi merupakan suatu sistem untuk mengubah data digital yang ada pada komputer yang kemudian diubah ke analog. Setelah itu akan dikirim melewati saluran kabel fiber optik, telepon, hingga wireless dengan menggunakan media gelombang radio.

Sedangkan demodulasi merupakan suatu proses mengubah data analog yang telah diterima kembali menjadi suatu data digital yang akan berfungsi dan digunakan oleh perangkat komputer.

Jika koneksi internet yang ada pada komputer lancar dan cepat hal ini diakibatkan oleh proses pengiriman data juga semakin cepat. Nah data ini dapat dikirimkan dalam bentuk ukuran bps atau bit per second.

Modem sendiri merupakan perangkat keras luar dan tidak berasal dari bawaan komputer, sehingga perlu dihubungkan dengan kabel terlebih dahulu. Akan tetapi juga ada jenis modem yang sudah ada dalam komputer atau bawaan dari komputer.

Hardware Lain Selain Modem untuk Menghubungkan ke Internet

Ada beberapa perangkat keras atau hardware lain yang diperlukan untuk menghubungkan ke internet. Berikut mari kita simak hal di bawah ini :

  • Kabel jaringan, kabel jaringan ini memiliki banyak jenis sehingga pengguna dapat memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan yang sedang diperlukan. Biasanya jenis kabel ini banyak dipakai untuk home broadband pada tempat kantor atau rumah – rumah.
  • Access Point, perangkat ini memiliki fungsi untuk memancarkan sinyal pada nirkabel dari ISP sehingga dapat melakukan akses internet. Mungkin kita lebih familiar dengan kata
  • Port USB, memiliki fungsi yang sangat riskan karena sangat penting dalam melakukan suatu akses internet dengan memakai USB Stick modem.
  • Wireless Network Adapter, berfungsi untuk menangkap akses dari sinyal wirelessyang sebelumnya sudah dipancarkan oleh access point.
  • Router, berfungsi untuk melakukan proses penyaluran dan perjalanan koneksi internet dengan menggunakan jalur protokol.
  • Server, memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pusat data dalam suatu jaringan komputer dan internet.

Aspek yang Diperlukan

  1. Komputer, komputer memiliki fungsi yang sangat penting sebagai media akses internet.
  2. Modem, modem telah dijelaskan di atas.
  3. ISP, merupakan suatu gerbang internet. ISP dapat diakses melalui saluran telepon dan nantinya akan dapat terhubung dengan internet. Akan tetapi sebelumnya harus membuat username dan password agar lebih privasi, karena jika mengakses internet kalian harus membayar uang per bulan sebagai tagihan.

Alat untuk menghubungkan ke Internet di atas semoga membantu kalian dalam menambah pemahaman seputar dunia internet. Diharapkan setelah membaca artikel ini kalian lebih menguasai dan tau fungsi dari masing – masing alat untuk mengakses ke internet.