Cara Mudah Instal Ulang Laptop ASUS Windows 10

Install ulang laptop ASUS bisa menjadi solusi untuk kamu jika fitur reset windows 10 sudah tidak bisa digunakan lagi untung mengatasi masalah yang sering muncul pada software di laptop ASUS milik kamu.

Jadu untuk kamu yang belum mengetahui cara untuk bikin media instalasi, atau yang lebih akrab disebut bootable, kamu dapat memanfaatkan media creation tool untuk download ISO dan membuatnya menjadi bootable di dalam flashdisk dengan aplikasi khusus, seperti Windows 7 USB/DVD Download Tool.

Berikutnya, bila sudah sukses bikin bootable, tancapkan flashdisk ke laptop lalu masuk ke pengaturan BIOS. Untuk masuk ke BIOS, untuk yang belum tahu, secara umum dapat dilakukan dengan menekan tombol F2 di keyboard sebelum laptop ASUS masuk ke Windows saat dihidupkan.

Dari pengaturan BIOS, selanjutnya kamu tinggal masuk ke bagian Security (gunakan navigasi sesuai dengan yang tertera di halaman ini), selanjutnya masuk dan ubah Secure Boot Control menjadi Disabled.

Bila sudah selesai, lalu kamu tinggal masuk ke bagian Boot, lalu disable opsi Fast Boot dan enable opsi Launch CSM, lalu ubah Boot Option #1 di bagian Boot Option Priorities menjadi USB Storage Device atau Removable Disk (tergantung merk flashdisk yang digunakan).

Setelah itu, kamu dapat tekan tombol F10 untuk menyimpan semua konfigurasinya, dan menekan tombol ESC untuk keluar dari pengaturan BIOS. Setelah keluar dari BIOS, laptop secara otomatis umumnya akan masuk ke menu instalasi Windows 10.

Akan tetapi bila muncul keterangan “Press any key to boot from..” (biasanya untuk CD atau DVD) tekan tombol apapun yang ada di keyboard. Setelah masuk ke instalasi Windows 10, atur bahasa sesuai dengan yang kamu inginkan, lalu tekan tombol Next. Selanjutnya, bila sudah benar-benar yakin, tekan tombol Install now untuk memulai proses instalasi.

Berikutnya, kamu tinggal masukin product key di kolom yang disediakan dan tekan tombol Next. Akan tetapi bila kamu mempunyai sebuah sertifikat digital, kamu bisa memilih opsi I don’t have product key (nantinya aktivasi akan berjalan secara otomatis).

Di halaman berikutnya, kamu tinggalkan centang opsi I accept the license terms dan klik Next. Selanjutnya pilih Custom untuk clean install. Pilih drive untuk tempat Windows 10 dan klik opsi Format khusus untuk drive ini. Bila sudah, lalu klik Next.

Laptop ASUS akan alami restart beberapa kali selama proses instalasi Windows 10. Untuk itu, kamu enggak perlu khawatir. Kamu hanya perlu membiarkan prosesnya berjalan secara otomatis, tanpa menekan tombol apapun meski keluar keterangan “Press any key to boot from..” sekali lagi.

Setelah sukses, ditandai dengan menu pengaturan awal dari Windows 10, kamu tinggal menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk tampilan, nama, akun Microsoft yang akan kamu pakai, serta PIN atau password.