Cara Convert PDF To Word dan Excel Online dengan Mudah

Sebagai orang yang berkutat dengan dokumen, Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar format PDF, Word dan Excel. Ke-tiga format file tersebut paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Ada kalanya kita ingin mengonversi atau mengubah satu format file ke format lain. Sebenarnya, tanpa software sekalipun bisa lho melakukannya. Seperti cara convert PDF to Word dan Excel yang akan dibahas berikut ini.

Kita memanfaatkan situs website yang memang menyediakan fitur customisasi file PDF, salah satunya mengubah ke format dokumen lain. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi apapun. Cukup beberapa klik, permasalahan sudah selesai.

Penasaran bagaimana cara convert PDF to Word dan Excel? Simak deh ulasan ringkas dibawah.

Cara Convert PDF To Word

Cara Convert PDF To Word
Sumber gambar V nesabamedia

PDF Online Converter adalah salah satu situs atau alat di internet yang mengkhususkan diri pada konversi PDF ke Word dan Word ke PDF. Situs ini berbeda dari yang lainnya karena tidak akan meminta alamat email Anda tetapi memungkinkan Anda mengunduh dokumen keluaran dari situs web.

Adapun cara convert PDF to Word menggunakan alat ini adalah :

  1.      Buka situs https://www.pdfonline.com/pdf-to-word-converter/
  2.      Unggah dokumen PDF Anda dengan mengklik tombol ”Press here to select your file” atau bisa dengan drag and drop file dokumen.
  3.      Setelah itu  halaman situs akan otomatis mengkonversi file Anda dengan tiga opsi – unduh yakni sebagai dokumen Word, halaman HTML zip, atau unduh ulang file PDF.

Namun perlu dicatat, bahwa file Word yang akan keluar bukanlah versi .docx atau .doc, melainkan adalah Rich Text File (.rtf). Biasanya, setelah mengunduh file ke komputer, Anda dapat dengan mudah menyimpan format .rtf sebagai Dokumen Word (.docx) atau Dokumen Word 97-2003 (.doc) menggunakan fitur “Save As” Microsoft Word.

PDF Online ini menghasilkan konversi yang sangat tepat dari dokumen PDF dan semua teks bisa terbaca.

Cara Cepat Mengkonversi PDF ke Excel

Cara Cepat Mengkonversi PDF ke Excel
Sumber gambar: info menarik net

Able2Extract Professional adalah salah satu software yang dapat mengkonversi PDF ke Excel. Anda bisa menggunakan salah satu dari dua metode konversi yakni  otomatis dan khusus. Cara tercepat untuk mengekspor tabel PDF Anda ke Excel adalah dengan menggunakan opsi konversi PDF ke Excel otomatis.

Metode ini paling cocok untuk struktur tabel dasar. Anda dapat mengkonversi PDF scan dan asli Anda ke Excel dalam empat langkah sederhana. Begini caranya:

  1.      Buka browser Anda dan klik Able2Extract Professional.
  2.      Setelah itu Anda bisa mengklik ikon Open di bilah alat utama kemudian masukkan file PDF Anda. Atau, Anda dapat drag and drop file PDF Anda ke Able2Extract.
  3.      Setelah itu Anda bisa pilih apa yang ingin Anda ekspor ke Excel. Anda memiliki beberapa opsi  untuk dipilih:

–          Secara default, seluruh dokumen PDF bisa dipilih untuk konversi.

–          Bagi Anda yang ingin memilih area tertentu untuk dikonversi, maka cukup tekan opsi drag-select.

–          Gunakan opsi Select Range… dari panel sisi kanan jika ingin memasukkan halaman pilihan untuk konversi (1-5, 11, 14-17, dll.).

  1.      Setelah memilih salah satu dari 3 opsi yang tersedia, maka Anda bisa mengkonversi PDF ke Excel dengan mengklik ikon Microsoft Excel pada bilah alat.
  2.      Nantinya akan muncul pop up Convert to Excel, klik tombol bertuliskan Convert untuk memulai konversi.
  3.      Simpan file Excel yang telah dikonversi.

Situs ini secara otomatis akan mengubah PDF Anda. Setelah itu, dokumen akan terbuka di MS Excel. Setelah itu, dokumen akan terbuka di MS Excel. Jika Anda memiliki PDF yang diisi dengan tabel disertasi teks dan gambar, Anda hanya dapat mengekspor tabel (semuanya) tanpa konten di sekitarnya. Berikut cara mengekspor hanya data tabel dari PDF:

  1.      Buka PDF Anda di Able2Extract Professional.
  2.      Klik pada ikon Excel.
  3.      Dalam opsi Convert to Excel, klik ikon roda gigi biru di kiri bawah.
  4.      Periksa opsi Extract Tables Only dan klik OK.
  5.      Klik tombol Convert.
  6.      Simpan file Excel yang telah dikonversi.
  7.      Able2Extract Professional akan mengekstrak semua tabel dari PDF Anda ke spreadsheet Excel.

Selama ada koneksi internet, maka Anda bisa memanfaatkan dua alat di atas untuk convert pdf to Word Excel. Jadi, jangan lagi bingung untuk melakukan konversi file Anda ya!