cara backup file laptop ke google drive
Gambar : businessinsider.com

Cara Backup File Laptop ke Google Drive Terbaru 2021

Backup menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar Anda memiliki file cadangan bila sewaktu-waktu laptop menghilang atau dicuri. Terlebih jika Anda seorang mahasiswa yang sedang melakukan tugas akhir atau pegawai. Hal ini bisa memudahkan Anda mendapatkan file penting kembali. Untuk itu, simak cara backup file laptop ke google drive di bawah ini.

Sebenarnya tidak susah kok, hanya saja pastikan langkah-langkah sesuai tutorial berikut. Pasti berhasil membuat backup file di Google Drive.

Tahapan Cara Backup File Laptop ke Google Drive

  1. Memasang aplikasi Google Backup & Sync

Anda dapat mencari aplikasi Google Backup & Sync di pencarian. Bila sudah ketemu, silahkan mengunduhnya sampai selesai. Lalu, memencet file unduhan tadi dan menjalankan program aplikasinya. Di jendela awal, tampak sebuah kalimat berbahasa Inggris dan tombol ‘get started’. Tekan saja tombol itu untuk memulai menjalankan aplikasinya.

  1. Log masuk menggunakan akun google yang dipunya

Ketik saja alamat gmail yang dipunya kemudian memencet kotak biru ‘lanjut’. Bila sudah, Anda bisa kembali mengisi kotak putih yang kosong dengan kata sandi alamat gmail Anda. Lalu, memencet kotak biru ‘masuk’.

  1. Memilih semua file yang ingin dicadangkan

Anda dapat memencet semua file yang ingin dicadangkan melalui fitur ‘pilih folder’. Semua folder yang ada di laptop, akan tampak pada jendela ini. Cara memilihnya dengan cara menekan tengah bentuk kotak sampai muncul simbol ceklist. Bila ingin membatalkan pilihan, bisa menekan bentuk kotak sekali lagi. Simbol ceklist yang semula ada akan menghilang.

Baca Juga  Cara Hentikan Restart Otomatis di Windows 10

Bila sudah, atur semua file yang sudah terunggah antara kualitas asli atau kualitas yang lebih baik. Pengaturan ini tidak akan mengurangi penyimpanan di google drive.

  1. Atur batasan bandwidth

Cara backup file laptop ke google drive selanjutnya ialah mengatur batasan bandwidth. Fungsi dari pengaturan ini dapat menjaga kecepatan transfer data di mesin pencarian sembari melakukan pencadangan. Tahap ini dapat dilakukan dengan mengeklik ‘pengaturan jaringan’. Bila sudah, langsung tekan ‘lanjut’ untuk meneruskan ke tahap selanjutnya.

  1. Mengatur folder yang ingin dicadangkan

Bila tadi mengatur file, kini waktunya bagi Anda untuk memilih setiap folder yang tersimpan di dalam file. Bila semua folder yang ingin dicadangkan sudah dipilih, bisa langsung menekan kotak biru ‘mulai’. Proses pencadangan pun dimulai.

Bila mengaktifkan pengaturan sinkronisasi, maka setiap ada penambahan file baru, aplikasi Google Backup & Sync akan langsung mencadangkan file tersebut sehingga Anda tidak perlu lagi mengunggah ulang. Namun jika tidak ingin mengaktifkan pengaturan ini, Anda dapat mengabaikan kotak sinkronisasi dengan tidak mencentangnya.

  1. Mengubah pengaturan file melalui menu ‘preferensi’

Tahapan ini dapat dilakukan bila sewaktu-waktu Anda ingin menghapus beberapa folder yang sudah tercadangkan atau menambahkan beberapa folder secara manual. Fitur menghapus folder ini bisa langsung dilakukan otomatis oleh sistem maupun mengkonfirmasi dulu dengan pertanyaan sebelum benar-benar dihapus.

Semua folder cadangan pun dapat dilihat di tab ‘Komputer’ folder My Laptop. Nama folder ini pun juga dapat diubah sesuai kehendak Anda.

Dan cara backup file laptop ke google drive terakhir adalah melalui browser. Caranya dengan mengeklik kotak sembilan di pojok kanan atas lalu memencet drive. Sampai di laman google drive, Anda dapat mengunggah semua folder yang ingin dicadangkan.

Baca Juga  Cara Buat Google Drive di Laptop Yang Anti Ribet 2021

Kedua cara backup file laptop ke google drive di atas hanya memberikan secara gratis 15GB penyimpanan. Jika ingin lebih, Anda dapat membayar perbanyakan kapasitas sesuai yang diinginkan.