Cara Download Google Maps di Laptop dengan Mudah Dan Praktis

Anda sering menggunakan gps dan Google maps di smartphone? Layanan ini dianggap sebagai peta digital terbaik dan belum ada yang setara. Selain di perangkat mobile, peta tersebut juga hadir untuk digunakan pada laptop. Sebelum digunakan, Anda perlu mengetahui cara download Google maps di laptop.

Kelemahan versi aplikasi adalah terlalu kecil dan kurang teliti saat membutuhkan peta yang mencakup area yang luas. Selain itu, kamu sedang di posisi online depan komputer atau laptop sehingga lebih praktis jika menggunakan peta yang telah tersedia di perangkat tersebut.

Ini Dia Serangkaian Cara Download Google Maps di Laptop

Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan terkait dengan cara mengunduh peta Google di laptop. Satu hal yang perlu Anda pahami adalah peta tersebut merupakan platform digital yang membutuhkan koneksi online. Google tidak menyediakan versi aplikasi atau software untuk desktop termasuk juga laptop. Jadi, cara download memerlukan trik tersendiri.

  1. Akses Google maps dari browser

    Akses Google maps dari browser
    Sumber gambar : kompas

Metode pertama adalah Anda mengakses Google maps dari browser. Simak prosedurnya berikut ini.

  • Buka Google.com dan ikon titik-titik di pojok kanan lalu klik
  • Pilih peta Google yang lalu akan diarahkan ke platform peta digitaltersebut
  • Ketika alamat, lokasi, tempat, dan sebagainya
  • Cek pojok kiri untuk fitur lebih lanjut
  • Pilih print jika ingin mencetak peta

Akses langsung di browser merupakan cara praktis membuka peta Google. Dari pihak Google sendiri memang sengaja menetapkan platform ini berbasis website. Sebaliknya, Anda akan menemukan versi aplikasi di smartphone android. Anda bebas memakai browser apa saja tidak harus Chrome.

  1. Cara Download Google Maps via Extension di chrome

    Cara Download Google Maps via Extension di chrome
    Sumber gambar : tutor jungkis

Opsi kedua adalah menggunakan ekstensi di chrome. Beberapa pihak ketiga membuat aplikasi ini dengan tujuan yang berbeda. Ada yang dipakai untuk bisnis properti, pendidikan, dan lainnya. Anda perlu mengunduh dari web store lalu cek rating dan review.

  • Buka web store lalu cari extension untuk Google maps
  • Unduh dan instal di chrome
  • Buka peta yang telah terintegrasi di chrome
  • Seperti biasa, cari lokasi dan alamat yang dibutuhkan
  1. Google Earth

    Google Earth
    Sumber gambar : republika

Selanjutnya, cara download Google maps di laptop yaitu memakai Google earth. Anda mungkin bingung dengan pilihan ini karena dua platform yaitu maps dan earth menawarkan fitur yang berbeda. Namun, secara prinsip tetap sama.

Google mengembangkan Earth untuk tujuan eksplorasi. Misalnya, Anda ingin mengetahui suatu landmark atau tempat terkenal serta kondisi terbaru. Dari peta, hasilnya sebatas informasi alamat dan beberapa foto. Setelah itu, kunjungi Google earth dan buka lokasi tersebut. Fitur lebih dinamis dan interaktif bahkan tersedia pula akses menggunakan VR.

  • Buka ke situs resmi Google Earth
  • Pilih unduh pro bumi
  • Isi formulir dan cek ulang
  • Tunggu penginstalan selesai
  • Buka Google earth lalu cari tempat atau spot yang dituju

Perlu Anda ketahui, peta sebenarnya pengembangan dari Google earth. Saat memakai platform ini, pengguna sebenarnya juga telah menerapkan Google maps dan tersedia dalam bentuk aplikasi di laptop. Satu lagi yang penting sebelum memakainya adalah koneksi harus lancar sehingga tidak lag.

Dari apa yang telah dijelaskan, Anda mengerti bagaimana cara mendownload peta Google di laptop. Peta digital ini tersedia di browser dan dapat langsung diakses di laptop. Keunggulan cara ini adalah konten peta selalu update dan tersedia fitur print jika memerlukan versi cetak. Inilah alasan mengapa mengakses peta tersebut dari laptop agar memperoleh peta yang utuh dan cakupan yang luas.