Cara Edit Foto di Laptop Menggunakan Paint Untuk Pemula

Aplikasi Paint merupakan salah satu aplikasi bawaan yang biasanya terdapat di laptop. Aplikasi ini pun cukup mudah untuk digunakan. Sebagai contoh, dalam uraian ini akan di bahas cara edit foto di laptop menggunakan aplikasi Paint yang mudah dan cepat untuk kamu ikuti.

Tentunya, kelebihan dari menggunakan aplikasi ini adalah kamu tidak perlu repot mendownload ataupun menginstal aplikasi sebelum menggunakannya. Kemudian, aplikasi Paint juga tetap bisa digunakan meskipun kamu belum mengaktifkan fungsi upgrade.

Inilah Cara Edit Foto  di Laptop Menggunakan Paint

Berikut adalah step by step cara edit foto di laptop menggunakan Paint. Cermati langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Resize Foto

Cara Edit Foto di Laptop Menggunakan Paint Untuk Pemula
Sumber gambar: tirkinet

Cara edit foro di laptop menggunakan Paint yang akan dibahas pertama kali adalah bagaimana cara me-resize foto. Fitur resize ini telah disediakan oleh aplikasi Paint, sehingga kamu tinggal mengaplikasikannya saja dengan mudah. Untuk dapat resize gambar atau foto, kamu dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Import terlebih dahulu gambar atau foto yang akan kamu resize. Untuk import foto kamu dapat melakukannya dengan menekan “ctrl+o” atau dengan menyeretnya langsung menuju layar Paint yang akan kamu gunakan.
  • Kemudian, klik tombol button resize yang terdapat pada toolbar
  • Setelah itu, pilih tindakan from resize dan skew akan ditampilkan di layar
  • kamu dapat merubah nilai vertikal dan horizontal sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Apabila kamu ingin merubah ukuran foto menjadi dua kali lebih kecil dari ukuran aslinya, maka kamu dapat memilih ukuran 50% pada menu in.
  • Terakhir klik “ok” dan ukuran foto akan berubah sesuai dengan yang kamu inginkan.

  1. Cropping Foto
Cara Edit Foto di Laptop Menggunakan Paint Untuk Pemula
Sumber gambar: adobe help center

Pilihan cropping atau memangkas gambar atau foto, juga tersedia di Paint. Nah, berikut akan dijelaskan cara edit foto menggunakan fitur cropping pada aplikasi Paint. Perhatikan step by stepnya di bawah ini:

 

  • Pertama, buka foto yang akan kamu crop dengan aplikasi Paint. Untuk membuka foto yang akan kamu edit, kamu dapat klik kanan pada foto. Kemudian pilih opsi “open with paint”
  • Kedua, langkah cropping dapat kamu lakukan dengan dengan klik pilihan button select pada bagian toolbar.
  • Ketiga, gambarlah kotak di sekeliling area yang akan kamu crop.
  • Keempat, untuk menghapus foto yang telah kamu kotak, kamu dapat klik kanan kemudian memilih opsi delete. Jika terlalu susah, kamu juga dapat menekan tombol di keyboard yang bertuliskan del/delete dengan begitu foto akan terhapus dengan sendirinya.
  • Kelima, apabila kamu ingin menggandakan foto, setelah memberikan kotak pada bagian foto yang kamu maksud kamu dapat klik kanan kemudian memilih opsi cut atau copy.
  1. Menambahkan Tulisan di Foto
Cara Edit Foto di Laptop Menggunakan Paint Untuk Pemula
Sumber gambar: edyblog

Aplikasi Paint juga sangat mudah digunakan untuk menambahkan tulisan-tulisan pada foto. Untuk menambahkan tulisan pada foto, kamu dapat melakukannya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 

  • Pertama-tama kamu bisa klik kanan pada foto dan memilih open with Paint, untuk membuka foto di aplikasi Paint
  • Kedua, klik menu A pada jendela toolbar. Kemudian klik pada layar satu kali. Maka secara otomatis akan muncul sebuh kotak pada layar paint
  • Ketiga, kamu bisa menuliskan kata-kata yang ingin kamu tuliskan pada kotak tersebut. Setelah menyesuaikan tulisan, kamu dapat klik sembarang tempat untuk melakukan save.

Itulah langkah-langkah praktis cara mengedit foto di laptop menggunakan aplikasi Paint. Tentunya, aplikasi Paint cukup praktis dan mudah digunakan lantaran telah tersedia di laptop kamu tanpa harus download ataupun instal aplikasi terlebih dahulu.