Beginilah Cara Hapus Akun Gmail di Laptop secara Mudah

Gmail menjadi salah satu layanan email yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kemudahan penggunaan fitur email menjadi keunggulannya. Walaupun begitu, masih ada yang ingin menghapus akun gmail karena berbagai faktor tertentu seperti ingin membuat email baru, akun email terlalu banyak, dan sebagainya. Karena itu penting untuk mengetahui cara hapus akun Gmail di laptop.

Tidak perlu khawatir, cara menghapus akun gmail sendiri bisa dikatakan cukup mudah dan simpel karena hanya menggunakan peraturan Google saja. Cara ini bisa dipraktekkan langsung pada laptop masing-masing.

Inilah Berbagai Cara Hapus Akun Gmail di Laptop dengan Gampang

Untuk menghapus akun Gmail dalam laptop, pastikan akun itu sudah login di browser untuk mempersingkat proses. Selain itu, jangan sampai lupa password akun gmail karena dibutuhkan dalam proses penghapusannya.

Jadi, ingatlah password akun gmail yang sudah didaftarkan dengan baik. Jika sudah memperhatikan hal-hal tersebut, perhatikan cara hapus akun Gmail di laptop berikut ini dengan cermat.

  1. Membuka akun Gmail di Brower

Membuka akun Gmail di Brower
Sumber gambar: kafesia

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menghapus akun Gmail adalah membukanya terlebih dulu di browser. Pastikan akun Gmail yang ingin dihapus setidaknya sudah diloginkan di laptop untuk mempersingkat waktu sehingga prosesnya lebih cepat.

Jika akun Gmail masih dalam kondisi logout, maka loginkan terlebih dulu di browser laptop. Pastikan email dan password akun Gmail sudah diingat dengan baik sehingga bisa login dengan lancar. Jadi, akun gmail yang ingin dihapus terbuka di browser.

  1. Menghapus akun Gmail secara sementara dengan logout

Menghapus akun Gmail secara sementara dengan logout
Sumber gambar: samsung starter

Terdapat dua jenis cara hapus akun Gmail di laptop. Cara pertama adalah melakukan logout akun Gmail di laptop. Dengan logout, akun gmail akan terhapus secara sementara dari laptop dan akan aktif jika suatu saat login kembali, Cara ini cenderung aman, karena data yang ada di email tetap tersimpan walaupun akun tidak aktif.

Untuk logout akun akun Gmail sendiri sangat mudah. Langsung saja buka gmail di browser. Pilih foto akun yang terdapat di pojok kanan atas tampilan utama. Kemudian, pilih opsi ‘logout’.

Selain itu, logout akun Gmail dari berbagai perangkat juga bisa dilakukan di laptop. Caranya adalah memilih opsi detail di sudut kanan bawah tampilan Gmail. Kemudian, pilihlah opsi ‘Logout dari semua sesi web lainnya’.

  1. Cara Hapus Akun Gmail Secara Permanen

Cara Hapus Akun Gmail Secara Permanen
Sumber gambar: charis.id

Cara kedua untuk menghapus akun Gmail ini sifatnya permanen. Jadi, akun Gmail akan terhapus untuk seterusnya sehingga tidak bisa login kembali. Jika ingin menggunakan Gmail, harus mendaftar ulang kembali. Jadi, pertimbangkan matang-matang sebelum menghapus akun Gmail secara permanen agar tidak menyesal nantinya.

Bukalah peraturan akun Gmail di laptop. Setelah itu, pilihlah menu ‘Sign-in & security’. Arahkan tampilan menu Sign-in & security ke bawah dan klik opsi ‘Delete yout account or services’.  Kemudian ketikkan password akun Gmail untuk konformasi penghapusan akun. Setelah itu, centang dua pilihan terbawah. Terakhir, klik opsi ‘Delete Account’ dan Akun Gmail akan terhapus di laptop secara permanen.

Berbagai cara hapus akun Gmail di laptop bisa dipraktekkan dengan mudah. Walaupun begitu, perhatikan resikonya karena akun Gmail sendiri terhubung dengan berbagai layanan Google yang lain.

Dengan menghapus akun Gmail, layanan Google yang lain tidak bisa digunakan. Sebelum menghapus akun Gmail, pertimbangkan dulu hal ini secara matang agar tidak menyesal. Semoga uraian diatas bisa menambah wawasan Anda.