Cara Masuk Bios Laptop Hp Windows 7 dan 10

BIOS adalah kepanjangan dari Basic Input/Output System dengan fungsi sebagai alat pengatur hardware  pada sebuah laptop ataupun PC. Banyak yang mengenalnya karena sebuah proses menghidupkan laptop atau PC tidak bisa dipisahkan akan  keberadaannya. Biasanya akan dilakukan pengecekan device serta lokasi booting. Lalu bagaimanakah cara masuk bios laptop HP?

Proses POST atau juga bisa disebut dengan Power on Self pada sebuah laptop ternyata berbeda-beda setiap mereknya. Begitupun dengan jenis series dari HP, dimana terdapat beberapa cara khusus yang bisa dipilih untuk menjalankannya. Terkait informasi lengkap tentang alternatif yang bisa dipilih bisa dipelajari dan disimak di penjelasan tulisan bawah ini.

 

Cara Masuk Bios Laptop Hp Windows 7

  • Menggunakan Tombol F10

Menggunakan Tombol F10
Sumber gambar: blog dimensi data

Cara masuk bios laptop HP yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tombol F10. Bagaimana caranya? Langkah awalnya yaitu dengan menyalakan terlebih dahulu laptop HP   yang  Anda akan gunakan, tentunya dengan menekan tombol power. Setelah itu tekan tombol F10 bersamaan dengan proses booting yang berjalan. Pastikan jangan sampai terlewat sehingga sudah masuk ke windows.

Setelah proses tekan tombol F10 akan muncul tampilan BIOS yang Anda maksudkan. Tunggu dan lakukan langkah secara berurutan tanpa melewati satu tahapannya agar berhasil.

Setelah berhasil tentunya akan ditampilkan dalam tampilan monitor terkait dengan menu BIOS yang diinginkan. Tentunya cara ini akan berbeda dengan yang ada pada sistem Windows 8 dan juga Windows 10.

  • Menggunakan Tombol Escape

Menggunakan Tombol F10
Sumber gambar: liputan teknologi. Com

Selain menggunakan cara di atas yaitu dengan menekan tombol F10, ada cara lain yang bisa Anda gunakan dengan menekan tombol Escape.  Langkah-langkahnya berbeda dengan yang ada pada cara pertama, lalu bagaimana cara menjalankannya? Pertama-tama tentunya jangan lupa untuk menyalakan laptop dengan menekan pada tombol power.

Saat sedang melakukan akses booting di awal kemudian langsung tekan tombol escape pada keyboard laptop HP Anda. Jangan sampai terlewat dan sudah masuk pada tampilan Windows, lakukan berulang kali agar tidak gagal. Setelah itu masuk pada pilihan menu BIOS. Metode ini juga tidak bisa berjalan efektif pada sistem Windows 8 dan juga Window 10.

  • Menggunakan Tombol F9

Menggunakan Tombol F10
Sumber gambar: labkom99

Jika Cara masuk bios laptop HP pertama dan kedua tidak nyaman untuk dilakukan, Anda masih mempunyai alternative pilihan lain yaitu dengan menekan tombol F9. Dimana hal ini hampir sama dengan proses yang dilakukan pada pilihan pertama dan juga kedua. Hanya ada beberapa perbedaan yang mungkin saja dilihat secara teknis dalam proses menjalankannya.

Pertama-tama jangan lupa untuk menekan tombol power sebagai langkah awal untuk membuat laptop HP Anda hidup dan masuk ke dalam sistem booting. Setelah itu selama proses berlangsung jangan  lupa  lakukan kegiatan menekan tombol F9 sebelum muncul tampilan windows.

Setelah dilakukan penekanan pada tombol tersebut, akan muncul tampilan BIOS sesuai dengan yang diharapkan, proses berhasil.

Masuk Menu Booting di Windows 8 dan Windows 10

Menu Booting di Windows 8 dan Windows 10
Sumber gambar: kompiwin.com

Karena tiga cara di atas tidak bisa dilakukan pada sistem Windows 8 dan juga 10, maka ada cara tersendiri untuk kondisi ini. Mengap hal ini bisa terjadi? karena sistem booting pada dua series  program  Windows ini terbilang lebih cepat dibandingkan lainnya. Sehingga sangat tidak memungkinkan untuk dilakukan hal yang sama pada dua keadaan yang sangat berbeda, tentunya akan mempengaruhi proses  keberhasilannya.

Cara masuk bios laptop HP dilakukan dengan cara masuk ke dalam menu setting Windows lalu lakukan aktivitas dengan menekan tombol C bersamaan. Setelah proses tersebut dilalui maka akan ditampilkan sebuah tampilan Windows bar. Ketika itu terjadi jangan lupa untuk mengklik ikon berbentuk gear. Masuk ke PC setting,  beralih  ke pilihan general dan Advanced Setup, kemudian restart now.