cara meng screenshot di laptop windows
Gambar : Theguardian.com

Cara Meng Screenshot di Laptop Windows 10 Termudah

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata screenshot atau yang biasa disingkat dengan ss ini. Ya, screenshot adalah tangkapan layar yang digunakan untuk merekam atau memotret layar perangkat. Baik itu di hp android ataupun laptop. Sebenarnya jika Anda sudah terbiasa screenshot menggunakan smartphone, maka cara meng screenshot di laptop pun juga mudah.

Seperti yang kita tahu bahwa laptop memiliki banyak tombol fungsi. Nah, salah satu fungsi tersebut adalah menangkap gambar yang sedang Anda buka. Caranya pun sangat simpel, hanya dalam hitungan detik Anda pasti bisa. Berikut pembahasan selengkapnya.

Cara Meng Screenshot Laptop dengan Berbagai Alternatif

  1. Menggunakan tombol keyboard Printscreen

Perlu Anda tahu bahwa pada keyboard di laptop, terdapat sebuah tombol fungsi yang digunakan untuk screenshot. Tombol ini sudah banyak digunakan untuk menangkap gambar di layar monitor. Caranya adalah:

  • Membuka visual berupa gambar, halaman maupun video yang ingin di screenshot
  • Selanjutnya tekan timbol PrintScreen atau biasa disingkat dengan PrtSc. Tiap laptop memiliki posisi tombol PrtSc yang berbeda-beda. Jadi, cari fungsi tersebut hingga ketemu
  • Ketika Anda menekan PrtSc mungkin memang tidak akan ada yang terjadi. Namun tenang saja, sekarang cobalah buka dokumen pengolah gambar seperti Ms Paint. Klik paste pada jendela Paint tersebut
  • Selanjutnya Anda bisa save gambar dengan format jpg.
  • Jika ingin digunakan untuk laporan, Anda bisa langsung klik paste pada Ms Word

 

  1. Screenshot dengan tombol Alt+PrtSc

Cara meng screenshot di laptop selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tombol Alt. Posisi tombol tersebut biasanya berada di sisi kanan maupun kiri Spasi. Fungsi Alt + PrtSc ini adalah menangkap gambar dari jendela yang aktif digunakan. Artinya bukan full satu layar penuh

Baca Juga  Cara Hentikan Restart Otomatis di Windows 10

 

Jadi apabila ada dua jendela yaitu Ms Word dan foto. Ketika jendela foto aktif digunakan maka layar itulah yang menjadi hasil screenshot. Caranya hampir sama dengan point pertama yaitu:

  • Buka tampilan yang ingin di screenshot dalam layar laptop Anda
  • Caro tombol Alt dan PrtSc, jika sudah ketemu maka klik kedua tombol tersebut secara bersamaan.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan membuka sistem lainnya berupa Ms Paint. Di sini Anda bisa langsung klik paste (Ctrl + V). Atur sendiri bagaimana gambar tersebut akan diedit
  • Pilih Save untuk menyimpan gambar di dalam folder yang Anda inginkan
  1. Cara Meng Screenshoot Laptop dengan Snipping Tool

Menggunakan sniping Tool bisa menjadi cara meng screeshot di laptop berikutnya. Snipping Tool adalah aplikasi screenshot laptop yang merupakan sistem pihak ketika. Artinya untuk bisa digunakan Anda harus install terlebih dahulu. Anda bisa menjadikan Snipping Tool sebagai alat jika tombol fungsi di laptop bermasalah.

Selain itu aplikasi ini juga bisa menangkap layar sesuai dengan yang Anda inginkan. Artinya tidak harus screenshot full satu layar penuh.

  • Mula-mula Anda harus install aplikasi Snipping Tool terlebih dahulu.
  • Jika sudah terinstall maka bisa langsung digunakan. Namun sebelum itu aplikasi ini memiliki 4 program yaitu free form snip, Rectangular snip, Window snip dan Full Screen Snip.
  • Apabila salah satu fitur sudah dipilih, maka Anda bisa menggerakkan cursor ke area yang yang ingin diambil gambarnya
  • Tidak seperti tombol PrtSc, aplikasi Snipping Tool akan memunculkan gambar screenshot di bagian depan jendela.
  • Selanjutnya Anda bisa langsung Save As hasil Print Screen tersebut.

Ketiga cara meng Screenshot di laptop di atas pastinya bisa langsung Anda terapkan. Pasalnya hanya dengan beberapa menit saja, tangkapan layar yang diinginkan sudah bisa didapatkan. Banyaklah mencoba rombol fungsi yang ada di laptop agar Anda lebih mahir.