cara mengaktifkan bluetooth di laptop windows 10
Gambar : Aplikasipc.com

5 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows Termudah

Bluetooth sebagai fitur berbagi media di sejumlah perangkat merupakan sesuatu yang penting. Di perangkat seperti laptop, menghidupkan fitur tersebut bisa dilakukan melalui berbagai cara. Aksesnya bisa dibuka dari pengaturan ataupun beragam langkah yang lain. Jika kamu masih bingung, berikut ini ada beberapa cara mengaktifkan Bluetooth di laptop yang bisa kamu coba.

Sehingga, langsung bisa mengoneksikan laptop dengan mp3 atau perangkat lain yang menggunakan bluetooth.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Dengan Mudah

  1. Melalui Pengaturan Laptop

Ini merupakan cara yang sangat mudah dalam menghidupkan fitur dengan lambang biru tersebut. Untuk melakukannya, maka bisa akses pengaturan pada menu yang tersedia. Biasanya lambang pengaturan akan terpampang jelas tepat di atas tombol power untuk mematikan ataupun merestart perangkat.

Pengaturan bisa juga dengan menekan tombol klik kanan pada touchpad ataupun mouse yang digunakan. Setelah masuk pada pengaturan, maka  langkah selanjutnya adalah menemukan pilihan bluetoothnya.

Biasanya terdapat beberapa golongan fitur dan teknologi transfer media yang masuk ke dalam kategori device atau perangkat.

Pilih saja Bluetooth dan perangkat lainnya pada menu tersebut. Jika sudah, maka akan terbuka dengan jelas pilihan untuk menghidupkan fitur itu. Itulah cara mengaktifkan Bluetooth di laptop dengan memakai menu “pengaturan”.

  1. Menggunakan shortcut

Jika sebelumnya telah membuat shortcut yang telah terpampang di desktop utama, maka bisa langsung mengaksesnya dengan cara tersebut. Untuk membuat shortcut ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka file manajer laptop dan pilih disk yang digunakan untuk penyimpanan sistem operasi.
  • Pilih folder system 32.
  • Pilih file dengan nama fsquirt dengan lambang khasnya berupa huruf “B” dan nuansa biru.
  • Drag saja langsung ke tempat mana saja pada desktop sesuai yang diinginkan.
  • Shortcut telah selesai dibuat.
  1. Melalui start menu

Langkah ini bisa dilakukan dengan sangat mudah karena hanya perlu menekan tombol mulai/start pada perangkat. Lambang khas sistem operasi windows pada keyboard juga bisa ditekan untuk kemudian menampilkan menu tersebut. Setelah itu, langsung saja ketik Bluetooth atau bisa juga dengan memilih kolom pencarian terlebih dahulu. Pengaturannya pun nantinya akan langsung terpampang jelas.

  1. Cara Mengaktifkan Bluetooth Melalui manajer perangkat

Menu tersebut bisa dibuka dengan cara mengklik kanan mouse ataupun touchpad pada laptop tepat saat kursor mengarah pada menu windows. Setelah tampilan manajer perangkat tersebut muncul, maka cara mengaktifkan Bluetooth di laptop selanjutnya yaitu dengan mencari network adapter.

Baca Juga  Cara Menghapus Cache Di Laptop Windows 10 Anti Ribet

Jika sudah memilihnya, maka akan muncul beberapa menu mengenai fitur tersebut. Pilih saja bagian jaringan area pribadi. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang memberikan pilihan perintah yang akan dimasukkan. Pilih saja opsi untuk menghidupkannya.

  1. Memakai jalan pintas keyboard

Keyboard atau papan tombol pada laptop ternyata mengandung shortcut tertentu untuk memberikan beragam perintah pada perangkat yang dimiliki. Ini juga bisa dilakukan untuk mendapatkan akses menghidupkan serta membagikan berbagai media ke perangkat lainnya. Pengguna hanya perlu untuk mencari simbol Bluetooth pada keyboard.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat dapat menggunakan cara ini. Hal tersebut tergantung dari tersedia atau tidaknya jalan pintas pada papan ketik. Biasanya, terdapat pada deretan tombol “F1-F12”. Jika sudah menemukan, maka perlu menekan tombol tersebut bersamaan dengan tombol “Fn”.

Cara mengaktifkan Bluetooth di laptop bisa menggunakan berbagai jalan. Tidak perlu khawatir jika pada salah satu cara tidak bisa dilakukan karena tidak semua perangkat memiliki tampilan yang sama.