cara mengatasi laptop blank hitam windows 10
Gambar : Freerangestock.com

Layar Tiba-Tiba Mati? Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Tampilan desktop yang tiba-tiba menghitam tanpa adanya peringatan terlebih dahulu seringkali dialami oleh beberapa pengguna laptop. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut sehingga terjadi pada laptop kesayangan Anda. Tetap tenang dan jangan terlalu panik, karena admin sudah merangkum bagaimana cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup berikut bisa menjadi solusinya untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup yang Benar  

  1. Pastikan kondisi layar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui dengan pasti apa yang sebenarnya terjadi pada tampilan desktop perangkat yang dimiliki. Sebelum melangkah lebih jauh lagi, pastikan bahwa layar sudah diketahui dengan cara memperhatikannya dengan diberi sinar.

Pengguna bisa menggunakan senter ataupun ponsel pribadi agar dapat melihat tampilan layar yang menghitam tersebut. Jika nampak beberapa ikon atau tampilan lain, maka laptop masih hidup dan tes beberapa langkah selanjutnya.

  1. Atur tingkat kecerahan

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup berikutnya yakni dengan mengatur tingkat kecerahan dari layar tersebut. Kalau telah diketahui bahwa tampilan desktopnya masih menunjukkan bahwa perangkat dalam keadaan menyala, maka dicoba dulu untuk mengatur kecerahan layar. Pengguna bisa menggunakan keyboard untuk melakukannya.

Terdapat tombol pada papan ketik perangkat untuk melakukan langkah ini. Jika sudah ditekan namun tidak bisa, maka coba lagi dengan menekan tombol “Fn” terlebih dahulu. Kalau laptop tidak menunjukkan tanda-tanda kemajuan, maka berarti perlu penanganan yang berbeda.

  1. Matikan perangkat

Terkadang ketika perangkat elektronik sedang mengalami masalah tentang aliran listriknya, maka bisa membuatnya berjalan tidak normal. Oleh sebab itu, jika gawai yang dimiliki tiba-tiba saja mengalami hal tersebut, maka bisa mematikan sejenak untuk beberapa saat.

Baca Juga  Cara Backup File Laptop ke Google Drive Terbaru 2021

Jika tidak bisa melalui menu mulai, maka dapat dilakukan dengan menekan dengan lama tombol untuk menghidupkan laptop. Tunggu untuk beberapa saat waktu. Lama yang disarankan yakni setidaknya sudah mencapai satu jam agar laptop tersebut sejenak “istirahat” dari lelahnya aktivitas.

  1. Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam dengan Mode Perbaikan

Jika telah melakukan cara sebelumnya, maka pengguna bisa menuju ke tampilan recovery dari perangkat tersebut. Agar dapat mengaksesnya, bisa dengan memencet salah satu papan ketika dengan nama “F8” secara berkala sesaat setelah laptop dicoba untuk dihidupkan.

Jika berhasil memasukinya, maka selanjutnya hanya perlu menunggu saja. Jika telah selesai, maka cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup selanjutnya yakni dengan memulai ulang. Terdapat opsi pilihan tersebut sesaat setelah proses yang dilakukan selesai.

  1. Mereset dengan mode BIOS

Pengguna bisa masuk ke mode BIOS dan melakukan reset pada layar laptop yang sedang mengalami kendala tersebut. Selain itu, bisa juga dilakukan pelepasan batrei CMOS perangkat untuk sementara waktu saja. Namun, pastinya hal ini bisa dilakukan jika model laptop tidak berbatrei tanam. Perlu dilakukan pencopotan casing yang cukup rumit pada model perangkat seperti itu.

  1. Memperbaiki RAM

Seringkali permasalahan pada perangkat dapat terjadi dikarenakan adanya gangguan pada penyimpanan sementaranya. Penyimpanan tersebut memang menjadi tempat untuk melakukan beragam proses yang dilakukan oleh laptop. Jika hal tersebut terjadi, maka RAM bisa dicopot dan dibersihkan terlebih dahulu. Namun, jika nampak rusak bisa dilakukan penggantian.

Beragam faktor bisa membuat laptop yang dimiliki mengalami kendala. Tidak semua kendala bisa disamaratakan penanganannya meskipun sama, karena harus sesuai dengan akar masalahnya. Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup di atas bisa diikuti dengan mudah.