cara menghilangkan virus di laptop
Gambar : Express.co.uk

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10 Sampai Bersih

Laptop yang terserang virus tentunya sangat merepotkan. Selain melemahkan kinerja laptop, virus seringkali juga mengancam keberadaan data-data penting dan berharga didalamnya. Kendati demikian, kamu tak perlu panik lantaran banyak cara menghilangkan virus di laptop yang ampuh dan jitu.

Mengecek keberadaan virus di laptop memang harus dilakukan secara rutin, demi menjaga performa sekaligus keselamatan data-datanya. Sebagai panduan bagi para pemula, berikut ini admin jelaskan sedikit bagaimana cara membasmi virus malware yang mungkin menyerang laptop kamu sewaktu-waktu. Perhatikan setiap langkahnya di bawah.

Sejumlah Cara Menghilangkan Virus di Laptop Yang Ampuh

  1. Kontrol Aplikasi Dari Task Bar

Cara menghilangkan virus di laptop dapat dilakukan dengan akses menu Task Bar pada laptop. Di bawah ini adalah langkah-langkah akses Task Bar yang mudah diikuti:

  • Pertama, tekan tombol “ctrl+shift+esc” secara bersamaan pada keyboard.
  • Kedua, tekan tombol “windwos+R” maka akan muncul tampilan jendela baru. Selanjutnya ketikkan “msconfig” dan klik “ok”.
  • Ketiga, pilih menu “service” dan amati list program yang nampak mencurigakan.
  • Terakhir, jika kamu menemukan file program dengan nam ayang mencurigakan maka hilangkan saja centang pada bagian kotaknya. Otomatis virus akan tersingkir.
  1. Gunakan Safe Mode

Memasang safe mode juga merupakan salah satu cara menghilangkan virus di laptop yang dapat kamu coba. Untuk menerapkan tampilan safe mode pada laptop, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, kamu harus memposisikan laptop dalam keadaan restart.
  • Kedua, tekan F8 pada keyboard.
  • Ketiga, pilih “advanced boot options” pada menu setting yang tersedia saat layar menyala.
  • Keempat, klik pilihan “safe mode with networking”.
  • Maka secara otomatis kamu akan menghidupkan safe mode dimana laptop hanya dapat mengakses menu-menu dasar dalam sistem operasi.
  1. Cara Menghilangkan Virus lewat CMD (Command Prompt)

Pilihan menghentikan peredaran virus dengan CMD juga merupakan solusi yang tepat. Berikut langkah-langkah mengoperasikan CMD:

  • Pertama, buka ikon CMD dan klik kanan kemudian pilih “run administrator”.
  • Kedua, ketikkan “dir D: attrib -s -h /s /d” pada jendela CMD. (Perintah ini digunakan untuk melakukan cek virus di lokal disck D. Apabila kamu ingin melakukan cek di lokal disk E, maka kamu perlu mengganti “dir D” dengan “dir E” dan seterusnya.
  • Ketiga, tekan enter maka akan muncul tampilan rumusan instalasi pada jendela windows.
  • Keempat, periksa secara seksama di jendela windows untuk menemukan file yang mencurigakan dengan format ” exe”.
  • Terakhir, hapus semua file dengan tulisan “exe”, maka virus pun akan otomatis dihilangkan.
  1. Instal Ulang Laptop

Terakhir, kamu dapat memilih untuk menginstal ulang laptop yang terpapar virus. Instal ulang yang dimaksud adalah perbaruan software windows secara keseluruhan. Cara ini tentunya merupakan cara terakhir yang paling mujarab apabila virus yang menyerang laptop benar-benar parah dan tidak tertolong lagi.

Baca Juga  Cara Mematikan Update Windows 10 Otomatis Permanen

Instal ulang laptop dapat kamu lakukan secara mandiri apabila kamu memiliki software windows yang digunakan untuk menginstal. Namun bagi kamu yang tidak ingin kesusahan, kamu bisa membawa laptop ke jasa servis terdekat dan meminta tukang servis untuk menginstal ulang laptop kamu.

Tentunya jika kamu memilih menginstal ulang laptop, kamu harus memastikan semua data penting telah ter back up (tersalin) dengan aman. Mengingat biasanya data yang kamu tempatkan di lokal disc C akan menghilang seluruhnya.

Demikianlah  4 cara menghilangkan virus di laptop hingga ke akarnya. Meskipun terdapat banyak cara untuk membasmi virus, akan lebih baik jika kamu dapat menjaga laptop kamu agar tidak berurusan dengan virus.