cara mengunci folder di laptop windows
Gambar : review-laptop.com

Cara Mengunci Folder di Laptop yang Aman dan Mudah 2021

Sama seperti hp, laptop adalah barang pribadi yang sudah seharusnya tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. data-data didalamnya berisi privasi yang sebaiknya dijaga sebaik mungkin. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui bagaimana cara mengunci folder di laptop. Dengan kata sandi, maka file didalamnya tidak dibuka oleh sembarang orang.

Selain menjaga file, mengunci folder juga mengurangi resiko hilang atau tercurinya data. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan file di laptop. Baik itu memakai aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi. Berikut penjelasan selengkapnya.

4 Cara Mengunci Folder di Laptop Windows dan MacOS

  1. Kunci folder di laptop Windows Pro dan Enterprise

Bagi Anda yang menggunakan Windows Pro dan enterprise dapat memanfaatkan fitur untuk mengunci folder yaitu folder Encryption. Anda tak perlu instal aplikasi tersebut karena sudah langsung terpasang pada laptop.

Cara mengunci folder di laptop dengan fitur ini sangat mudah yaitu cukup menggunakan kata sandi/password. Berikut ini adalah cara mengaplikasikan folder Encryption untuk laptop.

  • Tentukan folder yang akan dikunci lalu klik kanan dan pilih ‘properties’.
  • Pilih bagian paling bawah yaitu fitur ‘Lanjutan’ lalu centang bagian enkripsi pengamanan data lalu klik Ok.
  • Berikutnya klik ‘Apply’ dan tekan Ok untuk menerapkan pengaturan tersebut. Jika berhasil folder akan disertai dengan ikon gembok.
  1. Kunci folder laptop dengan 7zip

Anda dapat menggunakan software yang bernama 7-zip. Software ini sangat aman dan mudah digunakan. Untuk mendapatkan software ini Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Download Google Maps di Laptop dengan Mudah Dan Praktis

Tak perlu khawatir karena software ini gratis dan bisa dipasang untuk semua OS Windows 7,8 hingga 10. Di bawah ini cara menggunakan software 7-zip untuk mengunci folder.

  • Setelah mengunduh buka folder download lalu klik kanan file 7-zip.
  • Pilih opsi 7-zip kemudian pilih add to archive.
  • Setelah muncul jendela baru pilih zip lalu masukkan password yang digunakan untuk mengunci folder. Jika sudah tekan ‘Ok’.
  1. Cara Mengunci folder di laptop Windows 10 pro

Windows 10 pro menawarkan proses pengamanan untuk menjaga setiap folder tetap aman yaitu menggunakan obfuscation file. Menggunakan fitur tersebut Anda tak perlu download software atau aplikasi lainnya. Di bawah ini adalah cara mengunci folder di laptop dengan obfuscation file.

  • Pilih file yang hendak dikunci, lalu klik kanan dan pilih ‘properties’.
  • Jika sudah, klik advanced dan centang bagian enkripsi kemudian klik OK. Anda bisa menentukan folder mana yang akan dikunci apakah semua atau beberapa saja.
  • Jika sudah, selanjutnya klik apply atau tunggu hingga proses tersebut selesai.
  1. Mengunci file folder di laptop MacOs

Tak hanya OS Windows saja yang mempunyai aplikasi bawaan, Mac juga memiliki aplikasi tersebut yakni disk utility. Aplikasi ini menggunakan kata sandi untuk mengamankan folder. Berikut adalah tata cara menggunakannya.

  • Temukan aplikasi disk utility terlebih dulu, lalu buka aplikasi tersebut dan pilih ‘file’.
  • Perhatikan setiap folder, dan pilih untuk mengunci folder yang dimaksud. Jika sudah memilih lalu klik pilih.
  • Berikan nama dan tag pax san ikuti enkripsi.
  • Ketik sandi dan klik pilih simpan. Aplikasi ini melindungi setiap folder secara otomatis karena aksesnya cukup  cepat.
  • Akan lebih baik jola menghapus folder yang tidak perlu dan selanjutnya gunakan aplikasi tersebut melindungi oleh dalam laptop. Tunggu hingga proses selesai mengunci setiap folder.
Baca Juga  Cara Masuk Bios Laptop Hp Windows 7 dan 10

Demikian cara mengunci folder di laptop agar file tetap aman dan terjaga. Terlepas dari semua jenis laptop seperti disebutkan di atas, yang paling penting adalah menjaga file pribadi tetap aman.