cara menyambungkan printer ke laptop
Gambar : lifewire.com

Cara Menyambungkan Printer Ke Laptop yang Tepat

Printer dan laptop menjadi satu kesatuan yang tidak dilepaskan dari kegiatan harian. Khususnya bagi siswa dan pekerja kantoran yang hampir setiap saat perlu mencetak dokumen. Meskipun kedua perangkat tadi sudah akrab ditelinga kita, namun masih saja banyak orang yang belum paham bagaimana cara menyambungkan printer ke laptop.

Apakah Anda salah satu orang yang belum bisa? Tidak perlu khawatir, karena admin sudah menyiapkan tutorial yang mudah bagi pemula. Bisa diterapkan pada Windows 7,8, 10 dan bahkan MacOS. Kita memanfaatkan sambungan WiFi yang sudah umum digunakan printer modern. Untuk scan atau kebutuhan lain bukan masalah, tinggal mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Menyambungkan Printer ke Laptop yang Baik dan Benar

  1. Terhubung lewat Wi-Fi atau Bluetooth

Cara menyambungkan printer ke laptop dapat dilakukan dengan bantuan koneksi internet dan bluetooth. Cara seperti ini sudah banyak dilakukan karena saat ini setiap laptop umumnya sudah punya bluetooth dan jaringan WiFi  di setiap tempat.

Cara ini bisa diterapkan untuk semua jenis OS dengan mudah, baik Windows ataupun MacOS. Berikut adalah langkah-langkah menghubungkan printer ke laptop dengan Wifi dan bluetooth.

  • Pasang dan hidupkan printer terlebih dahulu
  • Cari menu control panel lalu pilih opsi hardware and sound. Selanjutnya klik device and printer.
  • Kemudian pilih bagian add printer dan klik opsi ‘add network, wireless or bluetooth printer’. Ketika memilih bagian ini pastikan wifi hidup.
  • Jika muncul ikon printer pada toolbar maka penyambungan berhasil dan Anda sudah bisa menggunakannya.
  1. Terhubung dengan kabel

Usai menginstall software printer ke laptop, maka Anda bisa menyembuhkannya lewat kabel. Tak jauh berbeda dengan cara menyambungkan printer ke laptop sebelumnya Anda harus instal software printer terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Melacak Laptop Hilang Dengan Gmail Yang Akurat

Jika menginstal software printer dengan kabel Anda cukup menyediakan DVD atau CD bawaan printer. Jika sudah, maka ikuti langkah-langkah menghubungkan printer dan laptop berikut ini.

  • Hidupkan printer dan pastikan kabel telah terpasang. Lalu hubungkan kabel tersebut dengan printer dan laptop.
  • Setelah itu masuk menu control panel dan pilih opsi ‘hardware and sound’. Selanjutnya klik ‘devices and printer’.
  • Lalu klik ‘add printer’ dan dilanjutkan dengan memilih ‘ add a local printer’.
  • Untuk menghubungkan laptop dengan kabel pilih opsi ‘use an existing port’. Lalu pilihlah port mana yang sesuai dengan laptop Anda.
  • Berikutnya Anda pilih jenis printer serta merk printer yang digunakan. Pastikan memilih dengan benar agar bisa  terhubung. Jika sudah klik next.
  • Ikuti perintah selanjutnya, apabila selesai klik ‘finish’. Maka printer akan terhubung dengan laptop dan siap untuk digunakan.
  1. Pastikan laptop dan printer menyala

Dari semua cara di atas yang paling penting adalah memastikan bahwa laptop serta printer menyala. Banyak yang tidak sadar bahwa tiba-tiba muncul masalah pada proses penyambungan karena tidak menyalakan printer.

Oleh karena itu, pastikan dulu jika laptop atau printer menyala dan tidak rusak. Sebab jika rusak, printer akan macet dan tetap tidak dapat digunakan.

  1. Laptop dan printer tak terlalu jauh

Menyambungkan printer baik dengan kabel maupun wifi dan bluetooth hendaknya meletakkan secara berdekatan. Mengapa demikian? Karena pada penyambungan printer ke laptop lewat kabel umumnya terbatas dengan panjang kabel sehingga akan lebih baik bila diletakkan berdekatan.

Jika lewat wifi atau bluetooth pada umumnya memiliki jangkauan terbatas sehingga harus diletakkan tak terlalu jauh. Oleh sebab itu, sediakan tempat yang cukup luas agar kedua perangkat dapat diletakkan dalam area yang sama.

Baca Juga  Cara Agar Laptop Tidak Lemot Paling Jitu 2021

Sekian informasi mengenai cara menyambungkan printer ke laptop yang dapat Anda terapkan. Setelah mengikuti cara yang disebutkan pastikan laptop dan printer menyala agar bisa dilakukan untuk mencetak.